Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Berbagi Tips Jadi Pengusaha Sukses

BISNIS.COM, JAKARTA-Tidak hanya piawai berbicara tentang urusan birokrasi, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) tak kalah mahir dalam urusan dunia usaha. Kesan itu mengemuka ketika Jokowi berbagi tips sukses menjadi pengusaha dalam acara Orasi Ilmiah

BISNIS.COM, JAKARTA-Tidak hanya piawai berbicara tentang urusan birokrasi, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) tak kalah mahir dalam urusan dunia usaha. Kesan itu mengemuka ketika Jokowi berbagi tips sukses menjadi pengusaha dalam acara Orasi Ilmiah Wisuda Sarjana dan Pasca Sarjana Universitas Moestopo, Rabu (3/4/2013). Maklum, sebelum terjun di birokrasi, Jokowi dikenal juga sebagai pengusaha sukses di Kota Solo.

Menurut dia, dalam dunia usaha ada beberapa hal yang harus diutamakan untuk mendukung perkembangan usaha yang tengah digeluti.

"Ya nggak rumit-rumit amat, cinta pada usaha yang ditekuni, mampu menangkap peluang, konsisten serta cakap berkomunikasi," tuturnya.

Selain itu, tambahnya, harus berani dan fokus. "Jangan main pindah-pindah kerja, nanti selalu mulai dengan tingkatan terendah terus tidak naik tingkat".

Yang tidak kalah pentingnya, tuturnya, perlu bersikap nekat dan tidak takut dalam mengambil sebuah keputusan dan pembaruan dalam bisnis.

"Sikap nekat adalah kunci untuk mau terbuka dengan dunia luar. Perlu sebuah sikap untuk mau belajar dari luar sehingga usaha bisa berkembang mengikuti zaman". (33)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Others
Sumber : Emanuel Tome Hayon
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper