Senin, 22 Desember 2014

Jokowi Berbagi Tips Jadi Pengusaha Sukses

Yusran Yunus Rabu, 03/04/2013 12:01 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA-Tidak hanya piawai berbicara tentang urusan birokrasi, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) tak kalah mahir dalam urusan dunia usaha. Kesan itu mengemuka ketika Jokowi berbagi tips sukses menjadi pengusaha dalam acara Orasi Ilmiah Wisuda Sarjana dan Pasca Sarjana Universitas Moestopo, Rabu (3/4/2013). Maklum, sebelum terjun di birokrasi, Jokowi dikenal juga sebagai pengusaha sukses di Kota Solo.

Menurut dia, dalam dunia usaha ada beberapa hal yang harus diutamakan untuk mendukung perkembangan usaha yang tengah digeluti.

"Ya nggak rumit-rumit amat, cinta pada usaha yang ditekuni, mampu menangkap peluang, konsisten serta cakap berkomunikasi," tuturnya.

Selain itu, tambahnya, harus berani dan fokus. "Jangan main pindah-pindah kerja, nanti selalu mulai dengan tingkatan terendah terus tidak naik tingkat".

Yang tidak kalah pentingnya, tuturnya, perlu bersikap nekat dan tidak takut dalam mengambil sebuah keputusan dan pembaruan dalam bisnis.

"Sikap nekat adalah kunci untuk mau terbuka dengan dunia luar. Perlu sebuah sikap untuk mau belajar dari luar sehingga usaha bisa berkembang mengikuti zaman". (33)

Apps Bisnis.com available on:    
Beli Buku, Data, ePaper, Indonesia Business Daily bisa dengan kartu kredit. Klik di sini!
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
more...