Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENGGEMUKAN SAPI: Inilah Usaha Instan Pencetak Untung Besar

BISNIS.COM, SAMARINDA--- Usaha penggemukkan sapi di Provinsi Kaltim sangat menjanjikan karena tiap ekornya mampu memperoleh keuntungan pada kisaran Rp5 juta hingga Rp7 juta hanya dalam waktu 4 hingga 6 bulan."Ini kalau cuma satu ekor, bagaimana kalau

BISNIS.COM, SAMARINDA--- Usaha penggemukkan sapi di Provinsi Kaltim sangat menjanjikan karena tiap ekornya mampu memperoleh keuntungan pada kisaran Rp5 juta hingga Rp7 juta hanya dalam waktu 4 hingga 6 bulan.

"Ini kalau cuma satu ekor, bagaimana kalau satu peternak memiliki lima ekor sapi yang khusus untuk program penggemukkan, tentu keuntungannya akan pada kisaran Rp25 juta hingga Rp35 juta," ujar Kepala Bidang Perbibitan dan Budidaya Dinas Peternakan Provinsi Kaltim IG Made Jaya Adhi di Samarinda, Rabu (29/5).

Keuntungan per ekor sapi yang mencapai Rp5 hingga Rp7 juta itu didapat dari harga beli sapi sekitar Rp7 juta per ekor. Kemudian digemukkan sekitar 4-6 bulan, lalu harga jualnya akan berada pada kisaran Rp12 hingga 15 juta per ekor.

Hanya saja, menurut Made, baru ada beberapa peternak saja yang berani melakukan penggemukkan itu sehingga peternak tersebut hidupnya lebih mapan secara ekonomi.

Sementara ratusan peternak lainnnya di Kaltim masih banyak yang tidak membaca peluang itu, bahkan ketika peluang itu muncul karena adanya tawaran kredit dari bank, mereka juga takut tidak berhasil sehingga untuk mencoba menggemukkan sapi saja tidak berani. (antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper