Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kerja Sampingan Dapat US$40.000? Begini Caranya

Mendapatkan penghasilan tambahan hingga US$40.000 dari pekerjaan sampingan sebagai seorang freelancer melalui internet, bukanlah hal yang mustahil.

Bisnis.com, JAKARTA – Mendapatkan penghasilan tambahan hingga US$40.000 dari pekerjaan sampingan sebagai seorang freelancer melalui internet, bukanlah hal yang mustahil.

Daniel G. Pratidya, pria berusia 37 tahun ini sudah membuktikannya sejak pertama kali bergabung dalam situs freelancer.com pada 2011 lalu.

Freelancer.com merupakan market place pekerjaan online global yang telah menghubungkan lebih dari 10 juta professional employers dan freelancers dari seluruh dunia di 234 negara dan wilayah. Terhitung sejak 2012, situs ini memiliki regional website di Indonesia dengan nama freelancer.co.id.

Awalnya, Daniel yang bekerja di perusahaan F&B di Cikarang, Jawa Barat ini tidak pernah berpikir untuk menghasilkan uang dengan mengerjakan pekerjaan freelance secara online.

Sampai akhirnya, Daniel dan istrinya harus melunasi hutang akibat perawatan medis ibu mertuanya, sehingga dia merasa tidak mungkin bertahan dari gaji bulanan, belum lagi ditambah tanggung jawab membesarkan keempat anaknya.

“Akhirnya saya berpikir mencari kesempatan melalui online. Ketika mendengar tentang freelancer.com yang menghubungkan pebisnis di dunia saya kemudian mendaftar, dan mulai mendapatkan proyek di situs tersebut,” kisahnya.

Saat itu, Daniel tidak langsung memperoleh proyek dengan nilai besar. Dia memulainya dengan proyek kecil, tetapi dengan ketekunan dan kemauannya untuk belajar, akhirnya dia mampu mengumpulkan pundi-pundi uang hanya dari waktu senggangnya.

Berikut tips Daniel sampai akhirnya dia menjadi 10 freelancers di Indonesia dengan ranking teratas dan menghasilkan US$40.000.

Pertama, yang perlu diperhatikan dalam mencari kerja sampingan secara online, dimana kita tidak pernah bertemu dengan pemberi kerja, adalah dengan membangun reputasi.

Kedua, ketika belum punya reputasi, maka jangan cari uang dahulu tetapi bangun reputasi terlebih dahulu, caranya dengan ajukan penawaran yang tidak terlalu tinggi, sehingga bisa mendapatkan proyek. Penawaran yang diberikan pun harus jelas, singkat, dan tidak bertele-tele.

Ketiga, saat mendapatkan proyek, maka kerjakan proyek tersebut melebihi ekspektasi dari employers. Ketika kita mampu memiliki keahlian yang spesifik, akan lebih banyak employer yang mencari.

Keempat, jaga komunikasi. Ketika employer menghubungi Anda melalui pesan pribadi, pastikan untuk segera merespon. Sebab, kebanyakan employers memutuskan pemberian proyek dalam jangka waktu 24 jam setelah mereka mem-posting.

Kelima, berani untuk berimajinasi mengasumsikan kebutuhan pemberi kerja, langsung kerjakan dan beri sample. “Dan ketika kita mampu menghasilkan proyek yang mampu menjawab keinginan mereka, itu akan menjadi nilai tambah dan membuat reputasi kita terbangun,” tuturnya.

Keenam, harus aktif mencari pekerjaan, melengkapi seluruh portofolio, dan upload sample atau contoh pekerjaan melalui private message atau memberikan link-link atas contoh hasil kerja secara online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper