Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Direktori Pendidikan: Eductory, Situs Penolong Untuk Cari Sekolah Anak

Inspirasi bisa datang dari mana saja. Tak terkecuali dari masalah yang timbul seperti pernah dihadapi Nelly Kasih saat mencarikan sekolah untuk sang buah hati.
Ilustrasi/eductory.com
Ilustrasi/eductory.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Inspirasi bisa datang dari mana saja. Tak terkecuali dari masalah yang timbul seperti pernah dihadapi Nelly Kasih saat mencarikan sekolah untuk sang buah hati.

Sebagai seorang ibu, Nelly Kasih merasa senang kala sang buah hati cukup umur untuk masuk sekolah. Sayangnya, dia lalu merasa gamang untuk mencarikan sekolah bagi anaknya.

"Saya bingung sekolah mana yang cocok untuk anak saya," katanya.

Kegamangan hati Nelly bukan tanpa alasan. Pasalnya, saat ini banyak sekali sekolah yang ada di Jakarta. Mulai dari sekolah negeri, sekolah swasta, hingga home schooling.

Sayangnya, tidak ada satu sumber informasi, baik buku atau website, yang menyediakan ulasan tentang sekolah-sekolah tersebut. Alhasil, Nelly pun mendatangi sekolah itu satu per satu.

Berangkat dari masalah tersebut, dia terpikir membuat sebuah situs yang memuat ulasan tentang sekolah-sekolah yang ada di Jakarta. Data base tersebut dia kumpulkan dan masukkan ke situs www.eductory.com.

Selain untuk memenuhi rasa keingintahuannya, Nelly juga bertujuan berbagi informasi tentang sekolah dan bagaimana cara mengedukasi anak kepada masyarakat melalui situs web tersebut.

Ternyata, ide ini disambut baik para orang tua. "Banyak orang yang mendapat manfaat dari situs ini. Bahkan, ada juga sekolah yang minta dimasukkan ke dalam list Eductory," kata Nelly.

Seiring waktu, situs Eductory makin dikenal masyarakat luas. Nelly mengaku saat ini jumlah pengunjung situs tersebut mencapai 8.000 orang per hari.

Selain membuat direktori, Nelly dan dua rekannya juga mengusung konsep baru. Program dibuat untuk membantu para guru merencanakan proses belajar.

"Anak zaman sekarang rata-rata punya tablet atau smartphone. Mereka bisa lama bermain gadget, tapi ketika harus belajar secara konvensional mereka malas," ujarnya.

Berangkat dari fenomena tersebut, Nelly berkeinginan membuat program atau software untuk membantu mereka menyajikan pelajaran secara menarik dan interaktif. Program tersebut diberi nama Smart Class Solution.

"Kami membuat aplikasi untuk bantu membuat materi pelajaran dengan lebih mudah. kita juga menyediakan konten untuk mempermudah mereka mempersiapkan kelasnya," kata Nelly.

Program Smart Class Solution saat ini masih dalam tahap akhir pengembangan. Nelly berharap program ini bisa diluncurkan dan digunakan dalam waktu dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper