Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WIRAUSAHA SUKSES: Awali Dari Hobi & Keinginan

Seorang wirausaha yang bisa meraih sukses, minimal harus berangkat dari hobi dan keinginan berbisnis dengan sungguh-sungguh serta fokus mengelola finansial dengan kedisiplinan yang tinggi.
Wirausaha /Bisnis
Wirausaha /Bisnis

Bisnis,com, JAKARTA — Seorang wirausaha yang bisa meraih sukses, minimal harus berangkat dari hobi dan keinginan berbisnis dengan sungguh-sungguh serta fokus mengelola finansial dengan kedisiplinan yang tinggi.

Prakoso Budi Susetio, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM, mengemukakan hal itu kepada 230 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Ternate, Maluku Utara.

”Oleh karena itu kami mengajak seluruh mahasiswa uintuk mengubah pola pikir dari mencari tenaga kerja menjadi pencipta lapangan kerja setelah lulus dari perguruan tinggi,” katanya kepada wartawan melalui hubungan masyarakat Kementerian Koperasi dan UKM, Kamis (17/04).

Dia hadir di Ternate untuk melaksanakan dan mensosialisasikan gerakan kewirausahaan nasional (GKN) yang dilakukan secara simultan dari provinsi ke provinsi. Sebelum ke Ternate, Prakoso Budi Susetio melakukan tugas sama di Hong Kong.

GKN maupun sosialisasi kewirausahaan serta pendidikan dan pelatihan terhadap mahasiswa, diharapkan mampu menumbuhkan semangat kewirausahaan dan pemahaman perkoperasian terhadap generasi muda.

Dalam konteks ini adalah mahasiswa di Provinsi Maluku Utara, Bersama GKN juga dilakukan sosialiasi terhadap masyarakat tentang pemahaman koperasi. Ada juga pelatihan produk unggulan atau sosialisasi program one village one product (OVOP).

Untuk Maluku Utara dialokasikan modal awal bagi wirausaha pemula sebesar Rp1 miliar. Modal itu bisa dicairkan setelah proposal yang disampaikan mahasiswa maupun kelompok masayarakat strategis dinilai layak memulai usaha.

Setiap proposal bisnis yang dinyatakan layak, akan mendapat modal awal hingga Rp25 juta. Jumlah modal yang dicairkan tergantubng dari jenis usaha yang direncanakan melalui lomba proposal.

Sosialisasi GKN dipusatkan di kampus I Universitas Chaerun Ternate, sedangkan jumlahnya mencapai ratusan orang lebih.Mereka terdiri dari calon wirausaha, peserta pelatihan dan pendidikan kewirausahaan serta program OVOP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper