Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BINGKISAN ULANG TAHUN: Souvenir Cupcakes Jadi Incaran Konsumen

Ada beberapa elemen yang harus dipenuhi untuk memeriahkan sebuah pesta ulang tahun anak. Selain memberikan souvenir unik, penyelenggara tidak lupa menyediakan kue-kue bagi undangan.
Harganya berkisar Rp350.000Rp1,5 juta untuk kue ulang tahun dan Rp7.000Rp15.000 untuk cupcakes. /BISNIS.COM
Harganya berkisar Rp350.000Rp1,5 juta untuk kue ulang tahun dan Rp7.000Rp15.000 untuk cupcakes. /BISNIS.COM

Bisnis.com, JAKARTA - Ada beberapa elemen yang harus dipenuhi untuk memeriahkan sebuah pesta ulang tahun anak. Selain memberikan souvenir unik, penyelenggara tidak lupa menyediakan kue-kue bagi undangan.

Hal inilah yang menjadi pertimbangan Rani Hidayat. Bermula dari hobi memasak, perempuan berusia 29 tahun ini memproduksi kue ulang tahun anak-anak sejak 4 tahun silam. Dia menamai usahanya Peekaboo Party n Cakes.

Alasan Rani merintis bisnis ini tidak lain banyak orang tua menganggap merayakan ulang tahun anak sebagai keharusan. Lebih dari itu, mereka memerhatikan setiap detil pesta, termasuk kue ulang tahun. “Mereka ingin kue ulang tahun anaknya sesuai dengan tema pesta. Karena tidak ada di pasaran, mereka memesan kue tersebut ke kami,” ujar perempuan asal Bandar Lampung ini.

Menurut dia, tema-tema pesta ulang tahun yang sedang digemari anak-anak adalah karakter kartun. Dia membuat kue ulang tahun sesuai dengan tokoh karakter, misalnya Angry Birds, Avengers, Frozen, dan Mickey Mouse.

Rani menggunakan bahan fondant untuk memoles tampilan luar kue. Hal ini agar tampilan kue mirip dengan karakter yang diinginkan. Meski fokus membuat kue yang benar-benar mirip, dia tetap menggunakan bahan makanan yang aman bagi anak-anak.

Tak hanya membuat kue ulang tahun berukuran besar, dia juga membuat kue-kue berukuran kecil berjenis cupcakes. Rani membuat desain cupcakes mirip dengan kue ulang tahun. Dia mengemas cupcakes itu dengan kotak kue bermotif ceria dan menyisipkan kartu ucapan terima kasih di dalamnya.

“Selain memberikan souvenir, penyelenggara pesta juga membagi-bagikan miniatur kue ulang tahun. Konsep tematik ini mampu membuat pesta lebih berkesan,” katanya.

Rani membanderol harga kue ulang tahun dan cupcakes dengan harga bervariasi. Harganya berkisar Rp350.000—Rp1,5 juta untuk kue ulang tahun dan Rp7.000—Rp15.000 untuk cupcakes. Harga tersebut disesuaikan dengan ukuran dan detail kue. Semakin rumit bentuk kuenya, harganya juga semakin mahal.

Seiring berjalannya waktu, bisnis Peekaboo Party n Cakes makin meningkat. Hal ini terlihat dengan terus bertambahnya jumlah pelanggan yang memesan kue. “Satu bulan saya mendapat pesanan dari 12—20 konsumen,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper