Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MENDULANG SUKSES dari Boks Natural dan Vinil ala Creata

Uang bukan satu-satu modal untuk merintis usaha. Lebih dari itu, pelaku usaha harus jeli melihat peluang dan sumber daya yang dia dimiliki. Hal inilah yang dilakukan oleh Wawan Darmawan dan Desi Tri Lestari dalam memproduksi aneka boks serba guna.
Mengusung merek Creata, Wawan dan Desi menawarkan bermacam-macam kotak. /BISNIS.COM
Mengusung merek Creata, Wawan dan Desi menawarkan bermacam-macam kotak. /BISNIS.COM

Bisnis.com, JAKARTA - Uang bukanlah satu-satu modal yang dibutuhkan untuk merintis usaha. Lebih dari itu, pelaku usaha harus jeli melihat peluang dan sumber daya yang dia dimiliki. Hal inilah yang dilakukan oleh Wawan Darmawan dan Desi Tri Lestari dalam memproduksi aneka boks serba guna.

Latar belakang pasangan suami istri ini menjadi wirausaha dimulai pada 2006 secara tak sengaja. Desi yang kala itu berhenti bekerja dari sebuah perusahaan swasta, berpikir merintis bisnis kerajinan tangan (handicraft).

Dia pun mulai mencari-mencari produk serba guna dan dibutuhkan masyarakat. Gayung bersambut. Di saat yang sama, Wawan dan Desi berkenalan dengan salah seorang perajin boks berbahan dasar natural asal Yogyakarta.

“Kami melihat hasil kerjanya bagus. Selain itu, penjual produk serupa di pasaran belum terlalu banyak. Dari situ, kami memulai memproduksi aneka boks serba guna,” ujar Wawan kala ditemui di pameran Teras BRI Nusantara di Plaza Indonesia, Jakarta.

Mengusung merek Creata, Wawan dan Desi menawarkan bermacam-macam kotak a.l. kotak tissue, tempat perhiasan, penyimpan file (file holder), dan wadah penyimpan kue, dan kotak hantaran. Agar makin unik, mereka melapisi rangka kotak dengan dua jenis bahan, yaitu serat natural yakni mendong dan bahan kulit sintetis atau vinil.

Lantaran jumlah kompetitor tak banyak, produk Creata memiliki nilai lebih di mata konsumen. Bahkan, Wawan dan Desi sukses memasok boks-boks buatan mereka ke salah satu toko ritel modern di Jakarta.

“Pada 2007, kami bekerja sama dengan sebuah toko ritel asal Prancis yang baru membuka cabang di Jakarta. Mereka memberi apresiasi kepada kami karena produk kotak ini benar-benar asli buatan Indonesia. Kami makin bersemangat untuk mengembangkan merek Creata,” tutur Wawan.

MODAL EKSPOR

Seiring berjalannya waktu, bisnis Creata terus mengalami perkembangan. Puncaknya, Wawan dan Desi mendapat tawaran mengekspor produk boks ke Perancis pada periode 2007-2008. Bak mendapat durian runtuh, mereka tentu tak menyia-nyiakan tawaran ini. Namun demikian, selain mengurus birokrasi, mereka juga harus mempersiapkan kuota produk.

“Terus terang saat itu kami kaget sekaligus senang. Namun, kami juga kebingungan memenuhi kuota ekspor yang mereka inginkan. Mau tidak mau kami harus mencari suntikan modal secepatnya,” kata Wawan.

Gayung bersambut. Di tengah kebingungan tersebut, Wawan bertemu dengan pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI). Dia mengutarakan keinginannya mencari modal untuk memenuhi permintaan ekspor ke Perancis.

Pihak BRI mengontak Wawan dan meminta dia untuk mengurus segala dokumen. Tak lama setelah itu, suntikan dana untuk biaya produksi boks pun turun. “Prosesnya terbilang cepat. Tidak sampai 1 bulan saya mendapat pinjaman sebesar Rp300 juta. Modal tersebut langsung saya gunakan untuk biaya produksi.”

Alhasil, Wawan sukses mengekspor 5 kontainer berisi aneka boks berbahan serat natural dan vinil ke negara tempat kelahiran Napoleon Bonaparte tersebut. Dia mengklaim fasilitas yang diberikan BRI bukan sekadar suntikan dana. Lebih dari itu, BRI juga membantu dia memprosikan usaha lewat pameran.

Wawan dan Desi telah mengikuti beberapa pameran selama menjadi mitra BRI. Selain membuka booth di mal-mal besar di Jakarta, dia juga berkesempatan mengikuti ajang pameran kerajinan tangan terbesar di Indonesia, yaitu Inacraft.

“Dengan ikut pameran kami bisa mempromosikan produk Creata kepada masyarakat luas. Selain itu, BRI juga memfasilitasi segala keperluan kami, mulai dari tempat dan logistik pameran,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper