Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tertarik Berbisnis Kaligrafi? Yuk, Ikuti Kaidah-Kaidahnya

Seni lukis kaligrafi berbeda dengan produk seni pada umumnya. Berbeda dengan seniman bebas mengekpresikan kreativitasnya, perajin kaligrafi harus mengikuti kaidah-kaidah tertentu ketika menggoreskan tinta atau mengukir huruf Arab.
Konsumen saat ini menganggap kaligrafi sebagai salah satu kebutuhan yang harus dimiliki. /Bisnis.com
Konsumen saat ini menganggap kaligrafi sebagai salah satu kebutuhan yang harus dimiliki. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Seni lukis kaligrafi berbeda dengan produk seni pada umumnya. Berbeda dengan seniman bebas mengekpresikan kreativitasnya, perajin kaligrafi harus mengikuti kaidah-kaidah tertentu ketika menggoreskan tinta atau mengukir huruf Arab.

Muhajir menuturkan setidaknya ada tiga aturan atau kaidah yang harus diikuti oleh seniman kaligrafi, yaitu standar penulisan kaligrafi (khat’iyah), standar penulisan bahasa Arab (imlaiyah), dan standar penulisan Al quran (rosniyah).

“Bahasa Arab memiliki karakteristik yang unik. Luput satu huruf atau tanda baca artinya bisa berubah total. Oleh karena itu, perajin kaligrafi harus teliti dan benar-benar yakin dengan arti dan makna kaligrafi yang dia buat,” ujar Muhajir.

Muhajir tak menampik butuh keahlian khusus untuk membuat kaligrafi. Bahkan, dia dan beberapa karyawannya harus menganyam ilmu di salah satu pesantren kaligrafi di Sukabumi, Jawa Barat. Selain itu, dia juga mengikuti perkembangan tren dan seni secara umum.

Lebih lanjut, konten kaligrafi tersebut biasanya disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Jika konsumen ingin memajang kaligrafi di rumah, mereka biasanya meminta kaligrafi bertuliskan surat Al Fatihah, Ayat Qursi, atau dua kalimat syahadat. Di sisi lain, kaligrafi untuk masjid biasanya didominiasi oleh surat-surat yang menyerukan perintah sholat.

“Proses pengerjaan kaligrafi bisa memakan waktu 1—2 minggu untuk produk sesuai pesanan konsumen. Namun, untuk produk yang desainnya sudah pernah kami buat, bisa diselesaikan sekitar 1—3 hari,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Afid. Menurutnya, proses kaligrafi paling rumit adalah pembuatan desain. Tak jarang, dia harus mengecek desain kaligrafi berulang kali. Hal ini dilakukan agar kaligrafi yang dibuat sudah ditulis dengan tepat.

Afid membutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk membuat desain kaligrafi sesuai pesanan konsumen. Setelah desain yang sudah di gambar atau dicetak (print) tersebut selesai, dia membawanya ke perajin untuk diukir. Proses produksi ukiran ini memakan waktu sekitar 2 minggu.

Senada dengan Muhajir, Afid memproduksi beberapa konten kaligrafi yang disadur dari Al Quran dan Hadist. Beberapa konten kaligrafi yang disukai masyarakat a.l. surat Al Fatihah, Ayat Qursi, Asmaul Husna, dan tulisan Allah SWT dan Muhammad SAW.

Produk kaligrafi ini tak hanya digemari oleh pasar lokal. Afid mengklaim dia pernah beberapa kali mendapat order dari konsumen mancanegara, yaitu Malaysia, Belanda, Amerika Serikat, dan Jepang. Oleh karena itu, dia menilai bisnis kaligrafi memiliki prospek cerah di masa depan.

“Konsumen saat ini menganggap kaligrafi sebagai salah satu kebutuhan yang harus dimiliki. Bahkan, ada beberapa yang menjadi kolektor kaligrafi,” tuturnya.

Terkait kompetisi, Muhajir mengatakan pemain baru di bidang kaligrafi terus bermunculan. Namun, dia tak khawatir dengan iklim kompetisi tersebut karena setiap pemain memiliki ciri khas dan karakteristik masing-masing.

“Konsumen sekarang pintar-pintar. Sekalipun mahal, mereka rela membeli kaligrafi asalkan bagus dan berkualitas. Oleh karena itu, kami berusaha membuat kaligrafi lebih kreatif dan inovatif,” kata Muhajir.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper