Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bagi Anda yang tetap ingin mengikuti perkembangan teknologi tanpa melupakan kebudayaan etnik, tas gadget etnik Aceh mungkin bisa menjadi pilihan. /Bisnis.com
Bagi Anda yang tetap ingin mengikuti perkembangan teknologi tanpa melupakan kebudayaan etnik, tas gadget etnik Aceh mungkin bisa menjadi pilihan. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Gadget yang sudah menjadi kebutuhan bahkan menjadi barang penting bagi banyak orang tak hanya bisa dijaga dan dirawat dengan produk-produk modern, tetapi pencinta peranti teknologi tersebut bisa membalutnya dengan produk yang berunsur etnik.

Seperti tas gadget dengan motif etnik Aceh yang dipasarkan Nur Rahmat Jatmiko dan rekannya, M. Syifaul Fuad melalui Rencongonshop.com sejak 2012.

Ide memasarkan tas etnik tersebut didapatkan Jatmiko saat dirinya bertugas selama 3 tahun di Aceh. Dia melihat tas etnik Aceh memiliki potensi yang besar untuk dipasarkan sekaligus untuk memperkenalkan kebudayaan negeri Serambi Mekkah itu.

"Saya lihat tas dengan bordiran etnik Aceh belum banyak yang memasarkan, padahal bentuknya yang unik bisa laku di pasaran," katanya.

Untuk itu, dirinya mulai menemui beberapa pengrajin tas di Desa Ullemadon Kabupaten Aceh Utara untuk bekerja sama dalam memproduksi dan memasarkan berbagai macam produk.

Dengan semakin boomingnya penggunaan gadget, Jatmiko pun mulai melirik peluang untuk memproduksi tas gadget khusus tablet berukuran 7 dan 10 inchi.

Produk dengan kisaran harga Rp75.000 hingga Rp140.000 tersebut dengan aktif dia pasarkan melalui berbagai jejaring online, website serta forum jual beli kaskus.

Untuk pemesanan, semuanya dilakukan secara online. Pemesan harus mengisi form pemesanan yang telah disediakan dan mengirim sejumlah uang sesuai dengan harga produk yang dipesan.

Namun, bagi yang berminat memang harus sedikit bersabar, karena dengan sistem pre-order konsumen harus menunggu sekitar 4 hari sejak pembayaran. Pasalnya produk baru diproduksi setelah transfer selesai kemudian dikirim langsung dari Aceh.

Apalagi setiap tas yang diproduksi, dibuat khusus sesuai dengan pesanan, karena pelanggan bisa memilih warna dasar tas serta pola motif dan warna benang sesuai yang diinginkan. 

Ternyata dengan pemasaran secara online, permintaan juga datang dari berbagai daerah di Indonesia, seperti di Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi, serta ada beberapa peminat yang berasal dari luar negeri.

"Sayangnya untuk pemesanan dari luar negeri masih terkendala masalah pengiriman, biayanya cukup tinggi," paparnya.

Ke depannya, Jatmiko juga berkeinginan untuk memproduksi softcase etnik yang disesuaikan dengan berbagai tipe ponsel pintar. Namun hingga saat ini dirinya mengakui produksi masih terkendala dari kemampuan para pengrajin untuk memproduksi produk baru. 

Selain memasarkan tas khusus gadget, rencongonshop.com juga menyediakan berbagai macam tas lain dengan bordiran khas Aceh yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, di antaranya tempat pensil, dompet, ransel, tas tangan hingga travel bag atau koper.

Harganya juga relatif terjangkau mulai dari Rp25.000 untuk tempat pensil, hingga Rp340.000 untuk koper, dan tentu saja harga tersebut belum termasuk ongkos kirim barang ke tempat tujuan pemesan.

Jadi, bagi Anda yang tetap ingin mengikuti perkembangan teknologi tanpa melupakan kebudayaan etnik, tas gadget etnik Aceh mungkin bisa menjadi pilihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper