Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Sushi Rumahan, Ternyata Labanya Tak Murahan

Sushi merupakan kudapan dari nasi yang digulung dan diisi dengan aneka bahan makanan, misalnya ikan, sayuran, dan rumput laut.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Sushi merupakan kudapan dari nasi yang digulung dan diisi dengan aneka bahan makanan, misalnya ikan, sayuran, dan rumput laut.

Legitnya nasi, segarnya ikan, dan gurihnya rumput laut membuat makanan ini memiliki cita rasa lezat. Tak heran, kuliner ini digemari oleh masyarakat dunia, termasuk Indonesia.

Meningkatnya popularitas kuliner terlihat dari banyaknya jumlah restoran sushi yang ada di berbagai sudut kota. Sayangnya, harga sushi yang ditawarkan oleh beberapa restoran tersebut terbilang mahal. Ini membuat hanya orang-orang berkantong tebal saja yang mampu merasakan kelezatan hidangan ini.

Fenomena ini dimanfaatkan oleh beberapa pelaku usaha. Mereka menawarkan sushi rumahan (homemade sushi) yang enak dan murah. Bukan itu saja, mereka juga mengoptimalkan pemasaran lewat dunia maya yakni layanan pesan antar (delivery order). Pelaku usaha pun kebanjiran order lantaran konsumen tak perlu repot-repot mendatangi restoran atau pusat perbelanjaan demi menikmati sepotong sushi.

Bunga Bagusta Sulistianto merupakan salah satu produsen yang menekuni bisnis ini. Di bawah bendera Hagema Sushi, perempuan berusia 23 tahun ini menjajal usaha sushi rumahan sejak 2 tahun silam.

Latar belakang Bunga merintis bisnis ini bermula ternyata bermula dari hobi memasak. Lantaran gemar menyantap hidangan sushi di restoran Jepang, dia tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri. Karena penasaran, saya mencari video cara membuat sushi diYoutube. Ternyata, membuat sushi tak sesulit yang dibayangkan, ujar perempuan asal Jakarta ini.

Setelah membuat beberapa jenis sushi, dia lantas menawarkan keluarga dan teman-teman untuk mencoba sushi tersebut. Tak disangka, respons yang didapat sangat positif. Dia pun melihat ini sebagai peluang bisnis prospektif.

Hidangan sushi yang dibuat Bunga sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Berbeda dengan sushi asli Jepang yang bahan bakunya ikan mentah, dia memproduksi sushi matang yang kerap disebutfushion sushi. Beberapa varian Hagema Sushi yang disukai konsumen a.l. hagemasu roll, spring roll, summer roll, dan osaka roll.

Lebih lanjut, dia juga menyediakan paket-paket khusus. Menu Big Box terdiri dari 7 varian yang berisi 4548 potong sushi dan menu small box terdiri dari 4 varian sushi yang berisi 2428 potong sushi. Selain sushi, kami juga menyediakan menu masakan Jepang lain, misalnyachicken katsu,chicken karaage, danbeef curry, tutur lulusan jurusan manajemen perhotelan Universitas Sahid Jakarta ini.

Menu Hagema Sushi tak hanya memiliki cita rasa lezat, tetapi dijual dengan harga terjangkau. Satu varian sushi dibanderol mulai dari Rp20.000-Rp41.000 sedangkan paket sushi (small box dan big box) dijual dengan harga masing-masing Rp150.000-Rp250.000. Margin keuntungan yang didapat dari produkhomemade sushiini berkisar 70%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper