Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BUDI DAYA BANDENG: Mau Sukses? Gunakan Benih Unggul

Petambak bandeng di Gresik disarankan menggunakan benih unggul untuk mengurangi kematian bakalan bandeng sekaligus menggenjot produksi agar mengimbangi laju penyusutan tambak.

Bisnis.com, SURABAYA—Petambak bandeng di Gresik disarankan menggunakan benih unggul untuk mengurangi kematian bakalan bandeng sekaligus menggenjot produksi agar mengimbangi laju penyusutan tambak.

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Gresik Sentot Supriyohadi menguraikan tambak bandeng di Gresik menghadapi penyusutan lahan terus menerus. Pembukaan kawasan industri baru di tepi-tepi pantai membuat luasan tambak terus berkurang. "Ini disiasati dengan penggunaan benih unggul agar hasil bertahan tinggi,” jelasnya di Surabaya, Rabu (15/10/2014).
 
Saat ini, pemerintah sudah menyiapkan benih unggul itu. Tahap awal, benih unggul petani difasilitasi melalui kerja sama dengan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Budidaya Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Kini tengah diujicoba pembiakan bandeng unggul di unit pelaksana teknis di Delegan, Panceng.“Dari hasil uji coba, benih unggul memiliki tingkat bertahan 95%,” tambahnya.
 
Kinerja Budi Daya Bandeng Kabupaten Gresik 2013
 
Produksi99.298,2 ton
Air Payau353,3 ton
Sawah tambak51.049,3 ton
Areal tambak30.000 Hektare
Dia menilai keberhasilan tersebut bisa meningkatkan produktivitas tambak bandeng air tawar maupun payau, sehingga laju pengurangan lahan tidak akan berdampak banyak terhadap produksi tahunan. “Pola itu diharapkan memunculkan pembenih-pembenih lokal, sehingga seberan [benih unggul] lebih mudah,” paparnya.
 

 

 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper