Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terinspirasi Mainan Ponakan, Hatta Sukses Produksi 2.000 Kursi Balon/Bulan

Produk matras dan dudukan untuk tak hanya bisa dibuat dari material kain velboa dan dacron . Berbekal kreativitas dan kejelian melihat peluang, Muhammad Hatta menciptakan kursi yang dibuat dari material plastik (PVC). Bentuknya pun unik karena menyerupai balon air lengkap dengan gambar karakter kartun favorit anak-anak.
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Produk matras dan dudukan untuk tak hanya bisa dibuat dari material kain velboa dan dacron . Berbekal kreativitas dan kejelian melihat peluang, Muhammad Hatta menciptakan kursi yang dibuat dari material plastik (PVC). Bentuknya pun unik karena menyerupai balon air lengkap dengan gambar karakter kartun favorit anak-anak.

Hatta memproduksi kursi balon karakter kartun sejak 2010. Ide membuat produk tersebut didapat kala dia melihat ponakannya berenang. Sang ponakan sangat senang memainkan balon air untuk membantunya mengambang di air.

“Saya pikir anak-anak kecil sangat suka balon air. Lantas, saya berpikir membuat mainan yang fungsional. Saya tertarik memproduksi kursi balon,” ujarnya.

Layaknya matras dan sofa karakter kartun, kursi balon memiliki dua fungsi, yakni sebagai mainan dan tempat duduk bagi anak-anak. Hatta mendesain satu model kursi berbentuk silinder dengan diameter 30cm. Dia mengklaim kursi buatannya bisa menahan beban anak berumur 1—5 tahun.  

Hatta menggunakan material plastik (PVC) sebagai bahan utama kursi balon. Bukan itu saja, dia juga memilih bahan PVC yang cukup tebal supaya kursi tak mudah bocor. Agar tampilan kursi diminati anak-anak, dia mencetak aneka karakter kartun di permukaan kursi balon. Hatta masih bekerja sama dengan perajin plastik yang terletak di Bekasi, Jawa Barat. “Saya mendesain sendiri karakter kartun yang ada di permukaan kursi,” kata pria berusia 34 tahun ini.

Pada mulanya, Hatta memasarkan kursi balon di toko offline yang ada di bilangan Depok. Karena tingginya permintaan dari konsumen yang tinggal di luar Depok, dia memutuskan memasarkan produknya di dunia maya melalui situs kursibalon.blogspot.com.

Tak disangka, jumlah konsumen yang memesan kursi balon terus meningkat. Menjawab hal ini, Hatta pun menambah kapasitas  produksinya. Jika di awal produksi dia hanya mampu memproduksi ratusan  kursi balon, kini dia sukses menghasilkan 1.000—2.000 kursi balon setiap bulan. Hatta membanderol kursi balon buatannya Rp60.000—Rp65.000 per buah. Margin keuntungan yang didapat mencapai 20%.

Soal target, Hatta ingin meningkatkan kapasitas produksi kursi balon. Bukan itu saja, dia juga ingin memproduksi desain-desain etnik yang merepresentasikan budaya Indonesia. “Selain motif karakter kartun, banyak juga orang tua memesan kursi motif batik. Saya sedang mempersiapkan kursi balon batik dalam waktu dekat.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper