Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengemas dan Meraup Rupiah dari Bingkisan Natal dalam Jar

Produk bingkisan dengan ide unik tersebut saat ini telah dikembangkan oleh Jevon Kurniawan dengan label Jolly’s Little Jar sejak pertengahan 2014. Berawal dari hobinya untuk membuat barang-barang unik dan lucu, akhirnya Jevon bersama seorang rekannya mendapatkan gagasan untuk mengumpulkan barang-barang buatannya dalam sebuah jar yang saat ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan.
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Membungkus bingkisan dengan kotak dan kertas kado rasanya sudah menjadi hal yang mainstream, tapi bagaimana jika bingkisan tersebut dikemas dalam sebuah botol atau jar?

Produk bingkisan dengan ide unik tersebut saat ini telah dikembangkan oleh Jevon Kurniawan dengan label Jolly’s Little Jar sejak pertengahan 2014.

Berawal dari hobinya untuk membuat barang-barang unik dan lucu, akhirnya Jevon bersama seorang rekannya mendapatkan gagasan untuk mengumpulkan barang-barang buatannya dalam sebuah jar yang saat ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan.

“Saya lihat penggunaan jar lebih banyak untuk produk-produk makanan, tapi untuk barang-barang lucu belum ada,” katanya.

Khusus untuk natal ini, Jolly’s Little Jar membuat desain dan paket bingkisan natal khusus yang dapat disesuaikan dengan keinginan pemesan disertai dengan dekorasi khas natal.

Dalam sebuah jar, dapat diisi hingga 9 barang kecil yang dapat dimodifikasi, seperti christmas cookies, amplop santa, aromaterapi, baking setphoto framephoto clip hanger untuk foto polaroid berbentuk Rudolph, dengan kartu ucapan dan label yang dapat disesuaikan.

Untuk bingkisan dalam jar berukuran 1 liter, Jevon membanderol harga Rp250.000, sedangkan untuk jar ukuran 1,5 liter, christmas gift tersebut dipatok mulai dari Rp300.000 sesuai dengan isian yang dipesan.

Dengan harga jual tersebut, Jevon mengaku mendapatkan margin keuntungan hingga 35%, tergantung dari kerumitan tingkat modifikasi yang diinginkan konsumen.

Sementara itu, untuk proses produksi, saat ini Jolly’s Little Jar dikerjakan oleh empat orang tenaga kerja yang mampu memproduksi 10 hingga 20 jar tiap minggunya.

Karena produk dikerjakan sesuai dengan keinginan pemesan, maka calon pembeli wajib melakukan preorder dan pembayaran telebih dahulu melalui akun media sosial atau media promosi online lainnya yang digunakan Jolly’s Little Jar. Setelah proses pembayaran dikonfirmasi, maka pesananan mulai dikerjakan dan siap dikirim dalam lima hari.

“Proses pre-order untuk christmas gift sudah dimulai sejak awal bulan hingga 18 Desember, dan siap dikirim menjelang natal,” katanya.

Meskipun baru menjalankan bisnis ini beberapa bulan, Jevon mengaku telah mendapatkan respons yang baik dari para calon pembeli, puluhan jar telah dikirim ke berbagai daerah di Indonesia. Ke depannya, tak hanya momentum natal, Jolly’s Little Jar akan terus menyasar konsumen dengan memanfaatkan momentum-momentum khusus.

“Ke depannya kami mengincar momentum seperti baby shower dan event lainnya, karena produk kami sangat cocok sebagai hadiah sekaligus kenang-kenangan untuk mengingat momen spesial,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper