Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Raup Untung dari Distribusi Gantungan Baju

Semakin maraknya produsen gantungan pakaian custom yang bermunculan, secara langsung mengerek permintaan hanger kepada para produsen gantungan baju.

Bisnis.com, JAKARTA - Semakin maraknya produsen gantungan pakaian custom yang bermunculan, secara langsung mengerek permintaan hanger kepada para produsen gantungan baju.

Selain itu, produksi hanger dalam partai besar juga banyak dicari perusahaan-perusahaan hospitality seperti hotel yang membutuhkan gantungan untuk properti di dalam kamar.

Keuntungan besar tersebut dirasakan oleh Iin Fainusa dan suaminya yang mengelola Alvin Hanger, yaitu produsen gantungan baju yang berbahan kayu sejak empat tahun yang lalu.

Bisnis yang diawali dari upaya untuk memanfaatkan limbah kayu itu semakin berkembang dan saat ini sudah menjadi supplier gantungan untuk jaringan hotel nasional maupun internasional.

Meskipun tidak memiliki dasar dalam pembuatan gantungan, Iin tetap percaya diri untuk memasarkan jasanya melalui website. Tak lama dari sana, kemudian dia mendapatkan pesanan dari sebuah perusahaan di Denpasar, Bali.

Sebagai proyek pertamanya, Iin mengaku produk buatannya beberapa kali dikomplain karena pengecatannya yang tidak rapi. Dari kejadian tersebut, Iin terus berimprovisasi untuk meningkatkan kualitas produknya.

“Awalnya kalang kabut saat mendapatkan order, dan kami mulai belajar pembuatan hanger semuanya melalui internet,” kenangnya.

Seiring dengan semakin membaiknya kualitas gantungan Alvin Hanger, produknya pun semakin dikenal. Hingga pesanan datang dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Bali, Sidoarjo, Surabaya, Sumatra, Kalimantan dan Mataram.

Saat ini, kapasitas produksi Alvin Hanger mencapai 10.000 gantungan dalam sebulan yang dibantu oleh sembilan tenaga kerja, sedangkan jenis gantungan yang dibuat antara lain gantungan standar dengan bahan pinus, gantungan tanpa palang, hingga wedding hanger.

“Kami juga menerima pembuatan hanger custom untuk perusahaan fesyen atau distro-distro yang menginginkan kesan eksklusif, dengan minimal pemesanan 500 pcs,” katanya.

Sementara itu, harga jual ritel untuk setiap gantungan dipatok mulai dari Rp6.000 untuk gantungan baju anak-anak, hingga Rp65.000 untuk wedding hanger. Dari sana, Iin bisa mendapatkan margin keuntungan hingga 20%.

Selain memasarkan secara online, produsen gantungan yang berbasis di Pekalongan, Jawa Tengah itu juga memanfaatkan distributor besar di Bandung dan Yogyakarta, sehingga konsumen yang berada di kawasan daerah tersebut bisa dengan mudah mendapatkan produknya.

“Ada juga beberapa grosir yang menjadi langganan, tiap bulan selalu mengambil produk dari kami,” katanya.

Iin percaya, peluang di bisnis hanger ini masih sangat cerah, karena pengrajin yang masih sangat terbatas, tetapi permintaannya yang terus meningkat setiap tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper