Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PELUANG BISNIS: Katering Sehat Menjanjikan

Aulia Anggie Kartika mengawali bisnis katering minuman sehat pada Oktober 2013. Bisnisnya dia namai dengan Healthy Crush mulanya hanya memproduksi tiga produk minuman yaitu Green Smoothies, Infused Water, dan Raw Almond Milk
 Ilustrasi./
Ilustrasi./

Bisnis.com, JAKARTA- Aulia Anggie Kartika mengawali bisnis katering minuman sehat pada Oktober 2013. Bisnisnya dia namai dengan Healthy Crush mulanya hanya memproduksi tiga produk minuman yaitu Green Smoothies, Infused Water, dan Raw Almond Milk.

Melalui akun instagram pribadinya Anggie rajin membagi postingan yang menunjukkan khasiat dari ketiga minuman tersebut. Keunggulan tersebut seperti Green Smoothies yang lebih mengenyangkan karena tidak seperti jus yang hanya diambil sari-sari dari buah dan sayur.

Kemudian Infused Water yang lebih berguna sebagai detox. Sedangkan Raw Almond Milk adalah susu asli yang terbuat dari kacang almond. Untuk porsi konsumsi pelanggan dapat menikmatinya seminggu sekali namun untuk pelanggan yang berusia 40 tahun ke atas dianjurkan agar mengkonsumsinya selama dua kali dalam seminggu.

Kurang lebih setahun bisnis minuman sehat ini berjalan, pelanggan Anggie mulai banyak yang meminta agar disajikan menu diet mayo. Akhirnya setelah mendiskusikan dengan ahli gizi kateringnya Anggie mulai merambah pada menu diet mayo.

Dalam satu bulan Anggie berhasil mengumpulkan selebihnya 20 pelanggan menu diet mayo. Kini menu diet mayonya masih bertahan hingga bulan keenam. Jika produk minuman Anggie berkisar dari harga Rp20.000-Rp95.000 per liternya untuk menu diet mayo sendiri Anggie menghargai setiap paketnya (13 hari) seharga Rp 2 jutaan dengan fasilitas antarnya.

Menurut Anggie prospek ke depan usaha bisnis makanan sehat ini akan terus mengalami peningkatan di Indonesia.

“Kalau prinsip aku sih kualitas harus bagu. Awalnya aku cuman share melalui akun  pribadi dengan jumlah followers lebih dari lima ribuan. Sekarang Instagram Healthy Crush sendiri aktif dari akhir tahun lalu followernya juga sudah empat ribuan,” kata Anggie.

Selain melalui akun instagram, Anggie juga kerap menjualkan makanan sehatnya di daerah Thamrin, Jakarta setiap Car Free Day di hari minggu pagi. Tak tanggung-tanggung dalam kurang waktu tiga jam makanan dan minumannya bisa habis sampai 600 item.

Lulusan Sarjana Akuntasi ini mengatakan omzet dari penjualan ini bisa mencapai Rp 20 juta setiap bulannya. Sedangkan untuk bahan organic Anggie sudah memiliki supplier khusus kateringnya.

Sama halnya dengan Healthy Crush yang mengutamakan katering makanan sehat, 3skinnyminnies dalam akun instagramnya juga menawarkan produk-produk makanan sehat. Berawal dari hobi memasak tiga sekawan Tana, Reina dan Jessica akhirnya membuka katering ini karena ketiganya tidak pernah puas dengan segala macam menu diet yang pernah dicobanya.

Tidak hanya menu program diet yang lezat keunggulan 3skinnyminniest juga menyediakan makanan khusus untuk ibu hamil dan menyusui atau body building untuk kaum lelaki. Meski mengutamakan kelezatan, kesehatan tetap menjadi prioritas 3skinnyminniest dalam menyusun pola makanan.

Tidak ada ahli gizi khusus yang dimiliki katering ini. Buku Rocco di Spirito 5-pound a day Diet menjadi pedoman utama katering ini dalam menyajikan menu diet untuk para pelanggan. Selain itu menu-menu tersebut juga diinspirasi dari menu-menu Fast Food yang banyak digemari masyarakat namun tetap dalam kadar kesehatan yang layak.

Senada dengan kedua bisnis makanan sehat di atas Kushandari Arfanidewi pemilik Katering Kelinci Tertidur juga mengungkapkan hal yang sama.

“Aku rasa bisnis makanan sehat yang sedang menjamur bakal punya prospek yang baik. Mengingat masyarakat Indonesia yang mulai akan sadar gizi. Aku dulu mematok pelangganku bakal yang usia 26 ke atas ternyata anak SMA juga udah mulai banyak yang tertarik,” kata Ayi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper