Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Bisnis Modifikasi Pelat Nomor Kendaraan? Begini Caranya

Bisnis pembuatan dan modifikasi pelat nomor kendaraan merupakan usaha yang bisa dilakukan hamoir semua orang

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis pembuatan dan modifikasi pelat nomor kendaraan merupakan usaha yang bisa dilakukan hampir semua orang. Asalkan memiliki peralatan penunjang dan sedikit keterampilan, bisnis pun bisa segera dimulai.

Mayoritas peralatan yang dibutuhkan juga dengan mudah ditemukan di pasaran, seperti lembaran alumunium, akrilik, cat, palu. Tetapi, salah satu alat penting yang cukup sulit ditemukan adalah master cetakan huruf pelat nomor.

Master cetakan tersebut tidak bisa dicari di sembarang tempat, bahkan sangat jarang ditemukan secara online.

Namun, jangan khawatir produsen master cetakan pelat nomor Suluh Prasetyo sudah mulai memasarkan master buatannya secara online melalui virgoartproduction.com.

Pria yang berdomisili di Semarang tersebut menjual satu set master cetakan huruf dengan harga Rp900.000. "Tidak semua orang bisa membuat master cetakan huruf, karena pengerjaannya 100% secara manual," katanya.

Dalam sebulan, Suluh bisa menjual hingga 20 set master cetakan, dengan pemesan yang mayoritas datang dari luar Pulau Jawa.

Karena jumlah pesanan yang terus meningkat, sedangkan kapasitas produksi terbatas, maka untuk mendapatkan master cetakan tersebut calon pembeli harus memesan terlebih dulu. "Dulu produknya ready stock, tapi sekarang harus pre-order paling cepat 5-7 hari kerja," katanya.

Sementara itu, master cetakan tersebut digunakan untuk membuat huruf dan angka yang tertera dalam pelat nomor kendaraan.

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Setelah lembaran alumunium dipotong sesuai dengan ukuran pelat nomor, master huruf tersebut disusun sesuai dengan huruf dan angka yang diinginkan konsumen.

Cetakan huruf tersebut diletakan di bawah lembaran alumunium dan dipukul menggunakan palu, sehingga menghasilkan relief atau kontur membentuk huruf dan angka.

Setelah itu, dilakukan proses pengecatan yang disesuaikan dengan tipe kendaraan bermotor. Apalah kendaraan pribadi, umum atau instansi pemerintah.

"Semua tutorial yang biasanya dirahasiakan tukang pelat nomor itu bisa dipelajari dengan gratis melalui website kami, termasuk cara bikin alat dan mesinnya juga," katanya.

Suluh mengatakan pembuatan tutorial tersebut didorong karena mayoritas calon pembeli alatnya adalah orang awam yang sangat baru untuk terjun dalam bisnis ini. Dari situ dia ingin berperan menjadi partner yang bisa diajak sharing terkait bisnis tersebut.

Selain menjual master cetakan untuk pelat nomor kendaraan, Suluh juga menjual berbagai peralatan untuk bisnis pembuatan stempel. Ke depannya, dia bercita-cita untuk mengembangkan bisnisnya tersebut menjadi waralaba, sehingga banyak orang yang bisa memulai bisnis dengan mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper