Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Jadi Pengusaha Pariwisata dari Bermawi Martawardaya

Presiden PT Ayuberga GSA Saudi Arabian Airlines Bermawi Martawardaya mendorong masyarakat agar menjadi entrepreneur di bidang pariwisata.
Saudi Airlines/Aawsat.com
Saudi Airlines/Aawsat.com

Bisnis.com, BOGOR - Presiden PT Ayuberga GSA Saudi Arabian Airlines Bermawi Martawardaya mendorong masyarakat agar menjadi entrepreneur di bidang pariwisata.

Dia mengatakan modal utama untuk menjadi pengusaha pariwisata tidak terlalu sulit seperti yang dibayangkan setiap orang.

Dia mengatakan setiap orang bisa jadi entrepreneur apabila dijalani dengan tekun.

"Untuk pemula bisa mencari dulu pengalaman dengan bekerja di biro perjalanan besar yang menyelenggarakan umrah dan haji," ujarnya.

Bermawi mengungkap pernyataan tersebut saat menjadi pembicara di Konferensi Nasional Komunikasi Pariwisata dan Kewirausahaan hari ke-2 yang digelar oleh Fikom Universitas Sahid Jakarta, di Bogor, Selasa (10/3/2015).

Dia melanjutkan untuk menjadi pengusaha pariwisata, ketekunan dan belajar yang serius dipastikan akan mendukung impian yang diharapkan.

Dengan demikian, kata dia, seseorang yang bekerja di biro perjalanan lambat laun akan mempelajari bagaimana seluk beluk industri pariwisata.

"Misalnya perusahaan yang menjual tiket, sebenarnya jangan hanya tiket saja tapi sekalian paket," paparnya.

"Nah, pengalaman-pengalaman bekerja di tempat orang lain tersebut akan diserap setiap harinya. Kalau sudah mampu bikin usaha sendiri," paparnya.

Seperti diketahui, Bermawi pernah bekerja di maskapai pelat merah pada tahun 1960-an. Dia keluar di perusahaan tersebut dan mendirikan perusahaan biro perjalanan bersama rekan-rekannya.

Pada sekitar 1978, dia mendirikan PT Ayuberga yang menangani keagenan General Sales Agent (GSA) Saudia Airlines di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper