Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Cara Memulai Bisnis Aksesori Interior Mobil sebagai Reseller

Banyak orang yang merasa kebingungan untuk mulai menjadi wirausahawan, termasuk dalam menjalani bisnis pembuatan car set. Selain memerlukan ide yang kreatif, juga membutuhkan peralatan awal dengan investasi yang lumayan banyak.
Untuk mulai menjadi reseller, setiap distributor memiliki persyaratan tersendiri. /Bisnis.com
Untuk mulai menjadi reseller, setiap distributor memiliki persyaratan tersendiri. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang yang merasa kebingungan untuk mulai menjadi wirausahawan, termasuk dalam menjalani bisnis pembuatan car set. Selain memerlukan ide yang kreatif, juga membutuhkan peralatan awal dengan investasi yang lumayan banyak.

Untuk mengakali itu, calon pelaku usaha bisa menjajal bisnis ini melalui jalan menjadi reseller. Selain tidak memerlukan modal banyak dan berisiko kecil, sistem ini bisa digunakan untuk melihat respons pasar terhadap produk yang dijajakan.

Salah satu pelaku usaha yang sukses dengan jalan menjadi reseller adalah Rifka Hilmianti yang mulai menjual car set handmade dan pabrikan sejak 2014.

Mantan karyawan swasta tersebut mengawali menjadi reseller car set dengan modal sekitar Rp2 juta untuk membeli beberapa set aksesori interior mobil. Hal itu dilakukan untuk melihat kualitas produk yang akan dia jual kembali.

Sekarang, dia bisa menjual sekitar 10 car set dalam sehari hanya dengan menjual produk-produk car set melalui akun Instagram @rifka12cha.

“Omzetnya bisa sekitar Rp5 juta, tanpa repot untuk membuatnya. Jadi hanya berperan sebagai penjual saja,” katanya.

Saat ini, dia menjual car set dari dua pemasok, yakni pasokan car set pabrikan di Jakarta, dan pemasok car set handmade dari Malang, dengan harga jual sekitar Rp180.000 hingga Rp385.000.

Rifka menjelaskan untuk mulai menjadi reseller, setiap distributor memiliki persyaratan tersendiri. Misalnya minimal pemesanan di awal, serta urusan perhitungan komisi atau potongan harga yang akan didapatkan.

Adapun, beberapa distributor car set yang menawarkan peluang usaha untuk menjadi reseller di antaranya aksesorisvariasimobil.combantalmobilmurah.com, dan grosirbantalmobil.com.

Beda distributor, beda pula persyaratan reseller-nya. Misalnya,aksesorisvariasimobil.com memberlakukan syarat minimal pembelian pertama sebanyak dua set produk 8 in 1, setelah itu pembelian berikutnya akan mendapatkan diskon sebesar 15%.

Setelah itu, reseller juga harus aktif untuk terus melakukan pembelian minimal satu set dalam 1 bulan, jika tidak maka status reseller akan hangus, dan harus mengulang syarat utama untuk kembali bergabung menjadi reseller.

Kemudian, jika dalam sebulan berhasil mencapai penjualan sebesar Rp6 juta secara akumulasi sebelum ongkos kirim, maka akan mendapatkan bonus sebesar Rp75.000.

Sementara itu, persyaratan yang ditetapkan bantalmobilmurah.com adalah harus mengisi formulir pendaftaran terlebih dulu, kemudian melakukan belanja minimal sebesar Rp500.000.

Saat itu, reseller langsung mendapatkan diskon sebesar 20% dari harga eceran. Semakin besar nominal pembelanjaan, semakin besar juga diskon yang akan didapatkan.

Bantalmobilmurah.com juga menetapkan kebijakan bahwa reseller tidak diperkenankan untuk menurunkan harga jual di bawah harga jual eceran yang dijual di website. Akan ada sanksi yang diberikan jika reseller terbukti melakukan hal tersebut.

Untuk menjadi reseller grosirbantalmobil.com, minimal melakukan belanja minimal sebesar Rp300.000 dan mengisi formulir yang sudah disediakan.

Pada belanja selanjutnya di bulan pertama, reseller akan mendapatkan potongan harga sebesar 5% dari harga jual. Untuk bulan kedua dan seterusnya, besaran diskon diberikan sesuai dengan nominal pembelian pada bulan sebelumnya.

Misalnya, untuk pembelian sebesar Rp1 juta-Rp2 juta, maka pembelian pada bulan selanjutnya akan diberikan sebesar 5%. Belanja sebesar Rp3 juta, potongan harga yang diberikan sebesar 20%.

Grosirbantalmobil.com juga memberlakukan kebijakan pemutusan hak reseller jika dalam satu bulan reseller tidak melakukan pembelian, dan harus kembali mendaftar jika ingin kembali menjadi reseller. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper