Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peluang Usaha Bisnis Pembuatan Tas Delivery

Dalam beberapa tahun terakhir bisnis kuliner terus berkembang di Tanah Sir. Berbagai restoran dan pengusaha kuliner lainnya saling bertarung memberi pelayanan terbaik bagi konsumen, salah satunya dengan memberikan fasilitas delivery atau pesan-antar.
Tas delivery/Bisnis.com
Tas delivery/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA-- Dalam beberapa tahun terakhir bisnis kuliner terus berkembang di Tanah Sir. Berbagai restoran dan pengusaha kuliner lainnya saling bertarung memberi pelayanan terbaik bagi konsumen, salah satunya dengan memberikan fasilitas delivery atau pesan-antar.

Hal itu didukung dengan kebiasaan masyarakat yang mulai mengidamkan segala hal serba instan, termasuk makanan yang tinggal menunggu di antar ke tempat mereka berada, tanpa harus menghabiskan waktu di jalanan yang macet untuk menuju restoran.

Semakin banyak fasilitas pesan-antar makanan yang diberikan, secara langsung mendorong permintaan terhadap perlengkapan yang dapat menjaga makanan dan minuman tetap segar ketika sampai ke tangan pemesan.

Untuk itu, diperlukan sebuah tempat khusus berupa tas yang dilengkapi bahan yang dapat menjaga panas atau dingin dari makanan. Tas juga dirancang agar mudah ditempatkan di sepeda motor yang biasanya digunakan kurir untuk mengantarkan makanan atau barang pesanan.

Peluang bisnis pun hadir dari produksi tas delivery yang dirancang khusus untuk menjaga kesegaran makanan tersebut. Tak heran, para produsen tas delivery pun mulai bermunculan karena bisnis ini dinilai akan terus berkembang.

Dua Mesin Jahit

Salah satu pemain yang menjalani bisnis ini adalah Andri Syarief. Pria asal Bandung tersebut merintis bisnis ini sejak 2007 dengan modal awal sekitar Rp6 juta.

“Saya mengawali bisnis dengan membeli dua mesin jahit dan bahan berupa kain antiair, sehingga pengguna bisa tetap mengirim barang meskipun dalam keadaan hujan,” katanya.

Andri mengatakan, dengan tas kurir buatannya, klien tidak perlu memodifikasi sepeda motor yang dijadikan sebagai alat pengirim barang. Pasalnya, tas sudah memiliki tali pengikat yang dapat dipasang pada jok motor, serta bisa digendong agar lebih aman.

Sementara itu, proses produksi diawali dengan pemesanan desain dari klien, diikuti dengan pembayaran uang muka sebesar 50% dari total tagihan. Setelah itu, pesanan tas baru dikerjakan dan akan segera dikirim jika pemasan telah melunasi tagihan.

Adapun, untuk pemesanan tas kurir dengan menggunakan logo membutuhkan waktu pengerjaan selama satu pekan, dengan minimal order sebanyak tiga set, sedangkan untuk tas polos minimal pemesanan dua set dengan lama pengerjaan tiga hari.

Saat ini, Andri memproduksi dua model tas delivery, yakni tas delivery satu set dengan outer box, inner hot dan iner cold, dan satu set tas delivery yang dilengkapi rak, masing-masing model dibanderol Rp1,1 juta.

“Kami juga melayani desain custom dengan harga yang disesuaikan dengan kesepakatan, tergantung dengan bahan dan ukuran yang diinginkan,” imbuhnya.

 Strategi Khusus

Selama lebih dari sewindu menjalankan bisnis ini, Andri mengaku tidak memiliki strategi khusus untuk memasarkan produknya. Dia hanya memanfaatkan jasa iklan di media online dan media sosial.

“Kami juga melakukan penawaran langsung kepada target market yang kami sasar, yaitu restoran-restoran siap saji, apotik dan jasa kurir,” katanya.

Karena permintaan yang cenderung terus meningkat, Andri juga berencana untuk melakukan ekspansi lokasi produksi sebagai pengembangan bisnisnya. Pasalnya saat ini pembuatan tas delivery hanya bertempat di daerah Husen Sastranegara, Bandung.

“Saya tetap optimistis potensi pasar tas delivery ini masih sangat luas meskipun pesaingan mulai ketat, karena tetap diiringi dengan pertumbuhan restoran-restoran yang menyediakan layanan pesan antar.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper