Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Raup Omzet Ratusan Juta dari Kacang Mete Panggang Rostcas

Kacang mete merupakan bahan baku yang sering ditemukan dalam berbagai olahan makanan, mulai dari coklat, masakan hingga minuman. Banyak orang yang menggemari kacang dari jambu mete ini karena rasanya yang gurih.

Bisnis.com, JAKARTA - Kacang mete merupakan bahan baku yang sering ditemukan dalam berbagai olahan makanan, mulai dari coklat, masakan hingga minuman. Banyak orang yang menggemari kacang dari jambu mete ini karena rasanya yang gurih.

Meskipun harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan lainnya yang banyak ditemui di pasaran, tetapi tidak membuat peminatnya surut. Bahkan akhir-akhir ini semakin digandrungi di tengah masyarakat yang semakin peduli pada isu kesehatan, karena kacang mete dipercaya memiliki kandungan protein dan serat yang baik.

Selain itu, kacang mete juga mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan pembuluh darah. Apalagi, jika kacang tersebut dimasak dengan dipanggang dan bukan digoreng.

Proses pengelohannya juga relatif mudah, kacang mete pilihan cukup dicampur dengan berbagai macam bumbu, lalu dijemur di bawah matahari. Setelah itu dipanggang dalam suhu rendah hingga matang, setelah itu siap disajikan.

Karena masyhur sebagai salah satu camilan wajib di berbagai hari besar seperti Imlek dan Lebaran, permintaan kacang mete seringkali melonjak signifikan mendekati hari besar keagamaan.

Tingginya permintaan terhadap kacang mete dan produk olahannya membuat bisnis di bidang ini makin bergeliat. Para pemain baru mulai bermunculan untuk mencoba peruntungan dengan mengemas berbagai macam olahan kacang mete.

Oleh karena itu, pemain lama yang sudah berkecimpung di bisnis ini juga tidak ingin kalah. Mereka mulai memunculkan berbagai inovasi, mulai dari varian rasa unik hingga pengemasan yang menarik.

Pelaku usaha yang telah menikmati untung dari bisnis ini adalah Tan Cie Hun yang memproduksi kacang mete kemasan dengan merek Rostcas sejak 2011.

Dia membuat kacang mete panggang yang dibalut tepung dengan berbagai varian rasa unik, seperti garlicmayonnaiseblack pepperwasabi dan spicy.

Saat itu saya melihat belum ada produk kacang mete berbagai rasa yang dibalut tepung, sehingga saya pikir itu sebagai peluang yang baik,” katanya.

Dengan modal kurang lebih Rp100 juta yang digunakan untuk membeli peralatan dan bahan baku, dia mulai memproduksi kacang mete panggang nonkolesterol.

Dalam setiap proses produksinya dia mengaku selalu mengedepankan kualitas dengan pemilihan kacang mete yang besar dan utuh, dan memasok bahan baku dari produsen kacang mete di beberapa daerah di Indonesia.

Setelah melalui pembumbuan, camilan kacang mete buatannya tersebut dibungkus dalam alumunium foil lima layer. Fungsinya, supaya kerenyahan kacang mete dapat tetap terjaga meskipun disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Tan Cie Hun mengemas dan menjual produknya dengan isi 197 gram, serta dibanderol seharga Rp42.000 per kemasan. Sekarang, Rostcas bisa bisa menjual 2 ton kacang mete dengan omzet rata-rata Rp300 juta tiap bulannya.

Selama ini produsen kacang mete asal Surabaya tersebut memasarkan produknya secara online melalui akun Instagram @rostcascashew, Twitter @rostcas dan website rostcas.com. Dia juga memanfaatkan reseller di berbagai kota di Indonesia.

Agar lebih menarik, Rostcas juga bisa mengeluarkan kemasan khusus untuk momentum tertentu. Konsumen bisa memesan untuk menjadikan Rostcas sebagai suvenir atau bingkisan pada momen-momen spesial seperti pesta atau pun hari raya.

Di sisi lain, Rostcas juga hadi di pasar offline dengan memasok produk ke berbagai supermarket kelas menengah ke atas. Supaya konsumen bisa lebih mudah menjangkau dan mendapatkan produk-produk Rostcas.

Mayoritas pembeli berasal dari Jakarta dan Surabaya, tetapi produknya sudah sampai hampir ke seluruh daerah di Indonesia,” katanya.

Setelah menjalani bisnis ini dalam 4 tahun, Tan Cie Hun mengaku bisnisnya tidak selalu berjalan mulus. Salah satu kendala yang sering dihadapinya adalah urusan pasokan bahan baku.

Karena kacang mete termasuk hasil bumi musiman, maka pada beberapa waktu pasokan sangat sedikit. Selain itu, Rostcas juga hanya mengambil kacang mete dengan kriteria tertentu sebagai bahan baku.

Meski demikian, dia tetap optimistis bisnisnya ke depan akan terus berkembang. Selain karena kacang mete merupakan cemilan favorit masyarakat Indonesia sepanjang masa, keunikan produk yang dimilikinya juga sebagai kekuatan untuk mendapatkan pasar di dalam negeri.

Kami berencana untuk membuka jalur distribusi di seluruh Indonesia, serta terus berinovasi untuk mengeluarkan berbagai macam rasa baru,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper