Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengeruk Untung Dari Bisnis Kecantikan Hewan Peliharaan

Hobi memelihara hewan peliharaan telah menjadi tren di masyarakat kota besar. Saat ini para pehobi pun juga tak mau bila hewan peliharaannya tampil seadanya dan tak terawat. Sebab, bagi sebagian pehobi, penampilan dan jenis hewan peliharaan menjadi indikator strata sosial mereka.
Hewan anjing/Antara
Hewan anjing/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Hobi memelihara hewan peliharaan telah menjadi tren di masyarakat kota besar. Saat ini para pehobi pun juga tak mau bila hewan peliharaannya tampil seadanya dan tak terawat. Sebab, bagi sebagian pehobi, penampilan dan jenis hewan peliharaan menjadi indikator strata sosial mereka.

Tak heran para pemilik rela melakukan dan memberikan yang terbaik untuk hewan kesayangan mereka, mulai dari perawatan rutin, makanan berkualitas, hingga mempercantik penampilan piaraannya.

Fenomena seperti inilah yang menjadikan usaha petshop semakin menjamur dan banyak dilirik oleh berbagai wirausahawan. Mereka berlomba-lomba menawarkan pelayanan yang berbeda-beda untuk menggaet para konsumen mereka.

Samanta Petshop salah satunya. Usaha yang dimiliki oleh Irawan Setia Pradhana ini termasuk salah satu pet shop yang menyediakan layanan cukup lengkap bagi para pehobi hewan peliharan. Mulai dari food pet, klinik kesehatan, layanan kecantikan hewan, dan berbagai aksesoris hewan peliharan.

Dari sekian banyak pilihan layanan yang dimiliki oleh petshop-nya tersebut, diakui oleh Irawan layanan kecantikan hewan menjadi yang paling diminati oleh para pelanggannya.

“Yang paling diminati oleh pelangan itu paket grooming. Sebab menurut saya masyarakat sekarang sudah banyak yang sadar akan pentingnya penampilan yang prima dari hewan peliharaannya,” ujar  Irawan.

Paket grooming yang dimaksud adalah paket layanan kebersihan hewan peliharaan yang meliputi memandikan, mencukur dan memotong kuku dari hewan peliharaanya.

Selain sebagai bagian dari kesadaran akan penampilan dan kesehatan dari hewan peliharaannya. Menurut Irawan layanan kecatikan pada hewan peliharaan juga didukung oleh faktor prestige dari para pemiliknya.

Semakin terawat dan semakin menarik hewan peliharaan yang dipelihara oleh pemilik hewan. Maka akan membuat sang pemilik merasa puas dan merasa memiliki kebanggaan tersendiri akan hewan peliharaannya.

Dikatakan oleh Irawan, hewan peliharaan yang paling banyak melakukan perawatan kecantikan tersebut adalah kucing dan anjing. Sebab kedua jenis hewan tersebut masih menjadi primadona dan favorit bagi penghobi hewan peliharaan rumahan.

“Anjing dan kucing masih menjadi tren peliharaan di Indonesia khususnya. Sebab dua jenis hewan ini paling mudah perawatannya dan paling mudah berinteraksi dengan manusia,” katanya.

Untuk paket layanan kecantikan bagi hewan seperti anjing dan kucing. Irawan mematok tarif dari Rp50.000-Rp120.000. Hal tersebut tergantung dari kelengkapan layanan yang diambil oleh sang pemilik. Semakin lengkap layanan yang dipilih, maka semakin tinggi pula tarif yang diterapkan olehnya kepada pelanggan.

Melalui usaha pet shopnya tersebut, dalam satu bulan Irawan bisa mengantongi pendapatan kotor mencapai Rp15-20 juta.

Sedangkan untuk produk penjualannya, food pet masih mendominasi jumlah pendapatan dari Samantha Petshop. Irawan mensinyalir, banyaknya jumlah jenis dan merk dari food pet yang tesedia di petshop miliknya. Menjadi salah satu faktor banyaknya pelanggan yang mau berbelanja ke petshop miliknya. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper