Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kisah Sukses Pelaku Usaha Manfaatkan Pemasaran Online

Teknologi informasi saat ini banyak berjasa dalam pengembangan usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) di dalam negeri. Contohnya, dalam waktu kurang dari sembilan bulan, Danu Sofwan telah membuka sekitar 190 outlet kemitraan Radja Cendol di seluruh Indonesia.
Radja Cendol/jajanhalal.com
Radja Cendol/jajanhalal.com

Bisnis.com, JAKARTA - Teknologi informasi saat ini banyak berjasa dalam pengembangan usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) di dalam negeri. Contohnya, dalam waktu kurang dari sembilan bulan, Danu Sofwan telah membuka sekitar 190 outlet kemitraan Radja Cendol di seluruh Indonesia.

Usaha yang mengangkat citra minuman tradisional Indonesia menjadi lebih modern tersebut disambut baik oleh masyarakat karena informasi yang berkembang secara pesat melalui internet.

“Sekitar 75%-85% dari mitra yang bekerja sama dengan kami, mengetahui informasi tentang Radja Cendol dari website dan media sosial,” katanya.

Dari sana, Danu terus percaya internet saat ini berpengaruh sangat signifikan, termasuk pada perkembangan bisnis yang dijalankannya.

Untuk itu, dia sangat memerhatikan bagaimana kehadiran bisnis yang dijalankannya di setiap media di internet. Mulai dari menyusun konten apa saja yang akan ditampilkan, hingga bagaimana tata bahasa yang dilakukan untuk menyasar target market tertentu.

“Itu juga untuk menunjukkan bahwa kami eksis dan selalu update, sehingga konsumen percaya terhadap semua produk dan layanan yang kami berikan,” katanya.

Selain Danu, pelaku usaha lainnya yang sukses membesarkan bisnisnya secara online adalah Diajeng Lestari, pendiri dan pemilik Hijup.com, yang diklaim sebagai online store hijab pertama di dunia.

Diajeng mengatakan bisnisnya tersebut bisa tumbuh karena rasa percaya dari konsumen terhadap bisnis yang dijalankannya. Apalagi, toko online tidak bisa menghadirkan produk secara langsung untuk dilihat oleh calon konsumen.

Hanya berbekal dari website yang menjadi etalase produk-produk dari berbagai pemasok, sekarang Hijup.com sudah menjadi salah satu toko online referensi fesyen muslim dunia.

“Kepercayaan menjadi salah satu poin penting untuk menjalankan bisnis online, bagaimana kita bisa terus menambah calon konsumen baru sekaligus tetap mengelola konsumen yang sudah ada,” paparnya.

Danu dan Diajeng merupakan dua pebisnis yang bisa dicontoh oleh para pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya secaraonline. Dengan kata kunci kepercayaan, mereka bisa memperluas pasar secara pesat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper