Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Investasi di Pasar Modal? Coba Deh, Ikuti Dulu yang Satu Ini, Gratis

Anda punya uang? Ingin bertambah lebih banyak lagi? Investasi pilihannya. Namun, Anda bingung, investasi apa yang mampu menjawab kebutuhan Anda itu? Investasi saja di pasar modal? Boleh. Namun, bagaimana investasi yang cerdas dan andal? Coba deh ikuti Sekolah Pasar Modal dan Sekolah Pasar Modal Syariah. Di sana, a.l., akan diberikan pelajaran tentang teknikal dalam berinvestasi saham. Mantap.
Inilah Sekolah Pasar Modal yang berlangsung pada 2011./Antara
Inilah Sekolah Pasar Modal yang berlangsung pada 2011./Antara
Bisnis.com, JAKARTA -  Anda punya uang? Ingin bertambah lebih banyak lagi? Investasi pilihannya. Namun, Anda bingung, investasi apa yang mampu menjawab kebutuhan Anda itu? Investasi saja di pasar modal? Boleh. Namun, bagaimana investasi yang cerdas dan andal? Coba deh ikuti Sekolah Pasar Modal dan Sekolah Pasar Modal Syariah. Di sana, a.l., akan diberikan pelajaran tentang teknikal dalam berinvestasi saham. Mantap.
 
Beberapa waktu lalu, melalui siaran persnya, PT BURSA EFEK INDONESIA, menyampaikan informasi bagaimana agar Anda mampu berinvestasi dengan baik di pasar modal.Menurut mereka, saat ini, pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) serta harga saham emiten-emiten di dalamnya yang semakin dinamis. Hal itu, menuntut perhitungan yang cermat bagi setiap investor dalam menentukan arah investasinya. Lantaran, semakin tinggi tingkat pemahaman masyarakat terhadap pasar modal,  semakin cerdas dan andal pula Anda dalam berinvestasi di pasar modal Indonesia. 

Demi meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat umum terhadap pasar modal, memberikan informasi yang menyeluruh tentang dunia investasi, serta senantiasa berupaya meningkatkan jumlah investor pasar modal Indonesia, pada tahun ini, PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) kembali menyelenggarakan Sekolah Pasar Modal (SPM) dan Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS).
 
SPM dan SPMS adalah program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala dan gratis baik di Jakarta maupun di kantor perwakilan BEI yang terdapat di 17 kota di seluruh Indonesia. 

Direktur Pengembangan BEI Friderica Widyasari Dewi --ddalam siaran poers itu, mengatakan  SPM yang sudah digelar sejak 2006 dan SPMS sejak 2010 memberikan materi  mulai dari pengenalan investasi di pasar modal, pengetahuan tentang pasar modal Indonesia, jenis-jenis efek di pasar modal, cara investasi saham, dan analisa fundamental hingga  teknikal dalam berinvestasi saham. 

Adapun, materi yang disampaikan dalam SPMS mulai dari pengenalan investasi di pasar modal, pengetahuan tentang pasar modal syariah Indonesia, jenis-jenis efek syariah di pasar modal Indonesia, landasan regulasi dan fiqih pasar modal syariah, mekanisme transaksi saham syariah, dan simulasi transaksi saham syariah menggunakan Syariah Online trading System (SOTS). SPM dan SPMS terdiri dari 2 level, yaitu level 1 dan level 2. 

  • SPM Level 1 ditujukan untuk masyarakat umum yang ingin mengetahui atau yang ingin memperdalam investasi di pasar modal.
  • SPM Level 2 ditujukan untuk investor yang ingin meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang investasi saham.
  • SPM  diselenggarakan pada Rabu atau Kamis dari jam 09.00 sampai 16.00.
  • Penyelenggaraan SPMS  satu kali dalam satu bulan yang diadakan pada Sabtu dari jam 09.00 sampai 16.00. 
SPM dan SPMS 2015 didukung oleh 12 anggota bursa (AB) yang menjadi mitra kerja sama:
  1. PT Asjaya Indosurya Securities,
  2. PT Bahana Securities,
  3. PT CIMB Securities Indonesia,
  4. PT Danareksa Sekuritas,
  5. PT Henan Putihrai,
  6. PT Indo Premier Securities,
  7. PT Kresna Graha Sekurindo Tbk,
  8. PT Maybank Kim Eng,
  9. PT Mega Capital Indonesia,
  10. PT Panin Sekuritas Tbk,
  11. PT Phillip Securities Indonesia,
  12. PT RHB OSK Securities Indonesia.
 
Jumlah AB yang yang menjadi mitra kerja sama tersebut mengalami peningkatan dari 9 AB di tahun lalu. 

Sebagai catatan, selama 2014, pelaksanaan SPM reguler di Jakarta  dilaksanakan  36 gelombang,  terdiri dari 18 gelombang SPM level 1 dan 18 gelombang SPM Level 2 dengan jumlah total peserta  2.777 orang.
 
Untuk SPM reguler di Surabaya  diadakan  28 gelombang,  terdiri dari 14 gelombang SPM Level 1 dan 14 gelombang SPM level 2 dengan jumlah peserta  1.013 orang

Sementara itu, SPMS reguler di Jakarta  diselenggarakan  16 gelombang yang terdiri dari SPM Syariah Level 1 sebanyak 8 gelombang dan Level 2 sebanyak 8 gelombang dengan total kepesertaaan sebanyak 2.050 orang.
 
Bagi masyarakat yang berminat mengikuti kegiatan SPM dan SPMS reguler bisa langsung mendaftar melalui http://sekolahpasarmodal.idx.co.id/ atau portal sosial media Investar di http://investar.idx.co.id/.

Untuk masyarakat yang ingin mengikuti SPM dan SPMS reguler di Jakarta dapat juga menghubungi 021-5150515 dengan Ira Shintiya di [email protected] dan ext 7705, Deri Yustria di [email protected] dan ext 7717, dan Doddy Prasetya di [email protected] dan ext 7725. 

Namun, jika ingin mengikuti SPM dan SPMS reguler di Surabaya  hubungi 031-5340888 dengan Inggit Ristantri di [email protected] dan ext 300, dan Cita Mellisa di [email protected] dan ext 306. Penyelenggaraan SPM dan SPMS reguler di kota lain dapat menghubungi Kantor Perwakilan BEI di masing-masing kota. 

Komitmen BEI untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi pasar modal kepada masyarakat tidak hanya ditunjukkan melalui penyelenggaran program SPM dan SPMS, namun juga melalui program-program inovatif lain seperti Investor Summit & Capital Market Expo, Forum Investor, Investor Day, IDX Investor Club, Galeri Investasi BEI, Gerakan Nasional Cinta (GeNTa) Pasar Modal, dan Celebrities Gathering. Sehingga diharapkan dapat terus meningkatkan minat masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper