Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Usaha Jasa Antar Balon Gas ala Party Buddies

Hampir setiap hari bahagia selalu dirayakan dengan meriah, baik itu hari pernikahan, pesta ulang tahun hingga kelulusan. Untuk menambah kesemarakan, balon berwarna-warni bisa dipilih sebagai dekorasi.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Hampir setiap hari bahagia selalu dirayakan dengan meriah, baik itu hari pernikahan, pesta ulang tahun hingga kelulusan. Untuk menambah kesemarakan, balon berwarna-warni bisa dipilih sebagai dekorasi.

Beberapa waktu terakhir, penggunaan balon juga semakin meluas. Banyak yang menggunakannya sebagai latar belakang dan aksesori foto, bahkan menjadikannya sebagai pelangkap kejutan bagi orang terkasih.

Bahkan, berbagai jenis balon dengan beraneka rupa juga mulai bermunculan. Misalnya, balon dengan bentuk hati dengan motif polkadot, hingga balon huruf yang bisa dirangkai sesuai keinginan. Hal itu membuat balon menjadi produk yang semakin menarik.

Semakin banyaknya orang yang memanfaatkan kehadiran berbagai macam jenis balon dalam setiap acara, membuat penyedia balon banyak diburu. Hal itu kemudian menjadi peluang usaha yang bisa dikembangkan dan memiliki prospek yang cerah.

Salah satu pelaku usaha yang melihat peluang bisnis tersebut adalah Edhityas Vitra yang membuka jasa penyedia balon pesta dengan nama Party Buddies.

Perempuan yang disapa Edhit itu memulai bisnisnya sejak November 2014. Dia melihat peluang yang cukup menjanjikan saat banyak rekan-rekannya yang membutuhkan balon sebagai penyemarak pesta maupun sebagai kejutan.

“Saya lulus kuliah pada Oktober 2014, banyak teman-teman yang memberi balon sebagai kejutan saat kelulusan, menjadi tren juga di kampus. Saya pun mengambil kesempatan itu,” paparnya.

Beruntung, Edhit telah memiliki distributor balon langganan, sehingga dia tidak memerlukan modal untuk memulai bisnisnya. Pertama kali, dia hanya menjadi reseller berbagai jenis balon seperti balon huruf, balon foil dan balon latex.

“Untuk pemesanan balon itu harus pre-order, jadi pemesan harus transfer dulu uangnya, baru dikirim lewat jasa ekspedisi,” katanya.

Tak lama kemudian, banyak yang menanyakan ketersediaan balon gas. Dia pun mulai menawarkan jasa antar balon gas helium untuk kawasan Jakarta dan Bekasi melalui akun Instagram @party.buddies.

Party Buddies menyediakan jasa antar dengan pemesanan minimal 20 buah balon gas helium. Masing-masing balon tersebut dibanderol dengan harga Rp9.000 per balon dan telah dilengkapi dengan pita.

“Harga itu belum termasuk ongkos antar sekitar Rp50.000 hingga Rp100.000, tergantung lokasinya,” paparnya.

Karena gas helium hanya bertahan kurang dari delapan jam, maka proses pengiriman akan dilakukan pada hari-H acara, tetapi sebelumnya konsumen harus memesan minimal dua hari sebelumnya.

Sementara itu, untuk kegiatan khusus yang membutuhkan lebih dari seratus balon, akan disediakan jasa pemompaan gas di tempat acara dengan jangka waktu sekitar tiga jam sebelum kegiatan dimulai.

“Karena kapasitas mobil terbatas, jadi biasanya pompa gas heliumnya yang dibawa ke lokasi dan dipompa di tempat,” paparnya.

Dia mencontohkan, belum lama ini dia melayani pemesanan balon gas untuk kegiatan menyambut ujian nasional di salah satu sekolah di Jakarta. Dalam kegiatan itu dia menyediakan hingga 800 balon yang kemudian diterbangkan bersama-sama.

Di samping itu, biasanya dia melayani hingga 25 pesanan dalam satu bulan. Mayoritas pesanan tersebut untuk kegiatan yang dilaksanakan pada akhir pekan, seperti pesta ulang tahun hingga peresmian sebuah bangunan  yang membutuhkan pelepasan balon.

“Biasanya digunakan untuk pesta atau kejutan ulang tahun, hadiah untuk kelulusan dan kegiatan lainnya,” katanya.

Dari bisnis jasa antar balon helium tersebut, Edhit bisa meraup omzet sekitar Rp6 juta dengan margin keuntungan sebesar 25%. Jumlah tersebut belum termasuk dengan omzet penjualan balon jenis lainnya.

Selama menjalani bisnis ini, perempuan yang berdomisili di Bekasi tersebut mengaku terkendala oleh kemacetan lalu lintas di Jakarta. Sehingga, dia harus pintar-pintar memerkirakan waktu pengantaran, supaya bisa tepat waktu dan balon gas masih dalam keadaan baik.

“Saya selalu memanfaatkan aplikasi pemantau lalu lintas, dengan melihat bagaimana kondisi jalanan dan di mana saja titik-titik kemacetan,” katanya.

Sementara itu, selain memasarkan produknya melalui media sosial, dia juga bekerja sama dengan para event organizer dan wedding organizer yang membutuhkan balon sebagai dekorasi.

Semakin meluasnya penggunaan balon gas ini, dia merasa bisnisnya pun akan terus berjalan, selama dia masih bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada para konsumen.

“Jika bisa mengelola pelanggan dengan pelayanan terbaik, tak jarang yang kemudian memesan ulang dan merekomendasikannya kepada kenalan mereka,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper