Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Yuk Jajal Kemitraan Kuliner Nasi Bakar Bermodal Rp6 Juta

Usaha kuliner bisa dibilang adalah jenis bisnis yang tidak pernah mati. Sepanjang masih ada aktivitas manusia, maka kebutuhan akan makanan dan minuman pasti terus ada.
ilustrasi
ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Usaha kuliner bisa dibilang adalah jenis bisnis yang tidak pernah mati. Sepanjang masih ada aktivitas manusia, maka kebutuhan akan makanan dan minuman pasti terus ada.

Jika ingin mencicipi bisnis kuliner namun tidak punya modal yang cukup banyak, Anda bisa menjajal peluang kemitraan yang ditawarkan oleh sejumlah pelaku usaha. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, dengan dana di bawah Rp10 juta, usaha tersebut bisa Anda geluti.

Salah satu tawaran kemitraan datang dari Fina Rosa, pemilik Nasi Bakar Kusuka yang berpusat di Kediri, Jawa Timur. Dia sudah mulai menawarkan kemitraan kuliner di bidang nasi bakar sejak 2011.

Pamor makanan yang gurih ini bisa dibilang tak pernah redup di kalangan pecinta kuliner. Pasalnya nasi bersama lauk berbumbu dan daun kemangi yang dibungkus dalam daun pisang lalu dibakar adalah salah satu makanan tradisional Indonesia.

Nasi Bakar Kusuka menawarkan peluang usaha nasi bakar dengan modal Rp6 juta. Bagi yang ingin lebih advanced, ada juga paket kemitraan two in one senilai Rp 10 juta.

Paket gabungan two in one ini terdiri dari dua bisnis kuliner dalam satu booth yakni Nasi Bakar Kusuka dengan salah satu dari bisnis jajanan lainnya seperti Rujak Es Krimku, Sop Buah Es Krimku, Cocktail Buah Es Krimku, Rujak Kolamku, Juice Buah.  

“Itu belum termasuk ongkos kirim sebesar Rp700.000 – Rp800.000 per paket,” ujar Fina.

Dengan paket investasi tersebut, mitra akan mendapatkan booth lengkap terdiri dari gerobak; peralatan memasak seperti kompor gas, dandang, alat pembakar, wajan dan tabung gas; peralatan tambahan seperti piring rotan, cupit nasi, seragam, termos nasi; media komunikasi seperti brosur, stiker, dan lain-lain.

Di luar itu mitra juga mendapat fasilitas seperti training dan paket promo berupa beras dan bahan baku awal agar siap langsung beroperasi. Dia terbuka bagi mitra yang ingin berkonsultasi termasuk bagaimana cara pemasaran yang tepat untuk memperbesar penjualan.

Sistem kerja sama Nasi Bakar Kusuka tidak dikenakan royalty fee maupun biaya franchise. “Tapi kami tidak melepas  penjualan bumbu, jadi bumbu nasi bakarnya harus tetap dipesar dari kami. Jumlah pemesanan tidak ada batasan harga dan waktu, tergantung penjualan mitra,” kata dia.

Produk-produk yang disajikan bervariasi, seperti Nasi Bakar Kusuka isi daging ayam, isi nugget, ikan laut, jamur, cumi, udang dan daging sapi.

Nasi Bakar Kusuka memiliki konsep take away, sehingga usaha tersebut tidak membutuhkan tempat yang luas untuk berjualan. Bahkan menurut Fina, dapat dilakukan dengan konsep kaki lima karena variasi menunya dapat disajikan dengan cepat.

“Kami ingin ubah paradigma lama bahwa menikmati nasi bakar harus direstoran atau harus mahal. Makanan yang kami sajikan tetap enak namun dengan harga yang lebih murah,” katanya.

Dia menargetkan mitranya dapat menjual minimal 30 porsi nasi bakar per hari. Dengan harga jual sekitar Rp8.000-Rp12.000 per porsi, peluang omzet yang diperoleh mitra dari nasi bakar saja sekitar Rp7.200.000 – Rp10.800.000 per bulan.

Laba bersih yang dijanjikan berkisar dari 15%-20% sehingga mitra diharapkan dapat balik modal dalam empat hingga lima bulan. Target BEP itu bisa lebih cepat jika aktivitas penjualannya di atas 30 porsi per hari.

“Tapi saya selalu bilang sama mitra jangan cari balik modalnya saja, karena kalau hanya balik modal nanti malah tutup. Penjualannya minimal 20 porsi sehari dia sudah bisa tutup biaya modal. Tapi kalau dia hanya mampu 20 porsi per hari, kami akan sarankan pindah lokasi,” kata dia.

Faktor lokasi memang menjadi salah satu penentu kesuksesan bisnis Nasi Bakar Kusuka. Area yang dia sarankan adalah lokasi yang ramai seperti di sekitar kampus, di mal, di pasar.

Penyiapan lokasi adalah langkah pertama yang harus dilakukan sebelum calon mitra bergabung. Setelah lokasi diajukan ke pusat, Fina atau master setempat akan menganalisis lokasi.

Tahap berikutnya, mitra wajib memberikan dana investasi sebesar 50%. Pelunasan biaya investasi dilakukan setelah paket usaha dikirimkan, biasanya minimal dua hari setelah DP dibayarkan.

Berpengalaman sejak empat tahun lalu menjadi konsultan nasi bakar, Nasi Bakar Kusuka kini mempunyai sekitar 40 gerai milik mitra. Gerai tersebut tersebar di berbagai kota yang ada di Indonesia.

Fina berujar prospek nasi bakar masih tetap hangat dan mudah diterima pasar. Apalagi nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia.

“Kelebihan Nasi Bakar Kusuka, investasinya sangat terjangkau dan harga jual yang terjangkau untuk semua golongan sehingga BEP-nya relatif cepat,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper