Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proba Kaliber, Produk Pertanian Organik Siswa SMKN 5 Jember

Berawal dari kegelisahan melihat sampah organik yang menumpuk, siswa-siswi SMKN 5 Jember akhirnya menyulap sampah tersebut menjadi produk pertanian organik bernama Probakaliber (Probiotik ala SMKN 5 Jember).
Siswa SMKN 5 Jember dengan proba kaliber/ Bisnis-Deandra Syarizka
Siswa SMKN 5 Jember dengan proba kaliber/ Bisnis-Deandra Syarizka

Bisnis.com, JEMBER—Berawal dari kegelisahan melihat sampah organik yang menumpuk, siswa-siswi SMKN 5 Jember akhirnya menyulap sampah tersebut menjadi produk pertanian organik bernama Probakaliber (Probiotik ala SMKN 5 Jember).

Produk tersebut memiliki beragam fungsi baik bagi peternakan maupun perikanan, mulai dari pakan ayam ternak, hingga budidaya cacing tanah dan sutera.

Kepala Sekolah SMKN 5 Jember mengungkapkan, sebagai sekolah pertanian terbesar di Indonesia, pihaknya terus melakukan inovasi produk pertanian berdasarkan kreativitas siswa. Beberapa produk yang telah dihasilkan dan terbukti bermanfaat itu antara lain Probakaliber, Payami (Pakan Ayam Alami), Ayam Organik Brokaliber, hingga budi daya cacing tanah dan  sutra organik Citraka.

“Produk tersebut dihasilkan dari sistem pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Jadi di samping kurikulum 2013, ada mata pelajaran produk unggulan,” ujarnya.

Proba Kaliber terbuat dari fermentasi beragam rempah-rempah seperti mengkudu, nanas, jahe, susu murni, dedak, dan gula merah. Adapun Payami terbuat dari daur ulang beragam limbah organik seperti tepung keong, tepung daun beluntas, tepung cacing, bekatul, hingga tepung kulit pisang.

Hasil penelitian para siswa menunjukkan bahwa ayam ternak yang diberi pakan payami dan proba kaliber terbukti menghasilkan protein yang lebih tinggi. Selain itu, juga memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan ayam yang diberi pakan biasa. Cacing tanah yang diberi pakan probakaliber juga memiliki ukuran lebih besar dibanding cacing biasa.

Hal ini karena probakaliber mengandung tujuh jenis bakteri yang bermanfaat, seperti Bacillus sp, Lactobacillus sp, Acetobacter sp, Rhodopseudomonas sp, Nitrobacter sp, Saccharomyces sp, dan Actinomycetes sp. Jumlah bakteri tersebut jauh lebih banyak dibandingkan dengan probiotik biasa yang umumnya hanya mengandung empat jenis bakteri.

Dalam mengembangkan produk ini, SMKN 5 Jember juga melibatkan komunitas petani di sekitarnya. Pelibatan ini merupakan aplikasi dari Project Based Learning, yang mendorong siswa untuk menciptakan produk inovasi berdasarkan permasalahan yang ada di masyarakat. Siswa  sekaligus mengalami program belajar terintegrasi, di mana dengan mengerjakan satu proyek unggulan ini, mereka mendapatkan nilai untuk beberapa pelajaran sekaligus.

Dalam mengembangkan empat produk inovasinya, SMKN 5 Jember mendapatkan dukungan dari School Development Outreach (SDO) , sebuah penyedia layanan pengembangan masyarakat dari Putera Sampoerna Foundation (PSF) melalui program School Qualty Improvement Program. Dukungan yang diberikan mencakup pelatihan dan bantuan dana senilai Rp30 juta.

“Kami menjembatani beberapa sekolah terpilh untuk mengembangkan produk unggulannya. Tujuannya mendorong sekolah binaan untuk mengembangkan kegiatan berbasis komunitas sekolah dan langsung menerapkannya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar,” ujar Program Leader PSF – SDO Sigit Kurniawan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper