Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peluang Reseller Lampion Benang Foto dan Karakter

Pemasaran yang tepat menjadi salah satu kunci sukses dalam berbisnis, tak terkecuali untuk bisnis lampion. Hal itu yang disadari oleh Teguh Santoso, produsen lampion dengan bendera Lampion Lucu dan Galeri Lampion yang berbasis di Kendal, Jawa Tengah.
Lampion Lucu. /lampion lucu
Lampion Lucu. /lampion lucu

Bisnis.com, JAKARTA - Pemasaran yang tepat menjadi salah satu kunci sukses dalam berbisnis, tak terkecuali untuk bisnis lampion. Hal itu yang disadari oleh Teguh Santoso, produsen lampion dengan bendera Lampion Lucu dan Galeri Lampion yang berbasis di Kendal, Jawa Tengah.

Pria 26 tahun ini mengaku dia tak terlalu piawai dalam mengoperasikan media-media sosial. Namun di sisi lain, dia sadar bahwa pemasaran online dan pemasaran di media sosial sangat berdampak besar untuk menggerakkan bisnis lampionnya.

Oleh karena itu, Teguh mengajak orang-orang yang senang bergerilya di media sosial untuk memasarkan produknya dengan sistem reseller.

“Sekarang ada banyak sekali reseller di berbagai daerah, dari kalangan mana pun ada, saya tidak hafal jumlahnya,” kata dia.

Dia mengaku tak pernah menghitung berapa jumlah reseller produknya. Sistem kerja sama yang dijalinnya dengan para reseller selama ini yakni dia berperan sebagai makloon, yakni menjual jasa pembuatan lampion.

Sebagai pengrajin dia akan memenuhi setiap orderan dari konsumen yang masuk lewat para reseller. Teguh berujar konsumen dapat memesan lampion dengan karakter yang diinginkan. Bahkan warnanya pun dapat disesuaikan dengan selera.

“Kami bagiannya memproduksi, jadi kayak apapun pesanan yang datang akan kita layani,” tambah Teguh.

Lampion yang kini banyak dipesan adalah lampion foto. Bentuknya yang unik dan dapat ditempeli aneka foto membuat banyak orang menjadikan kreasinya itu sebagai kado atau souvenir untuk acara pernikahan atau ulang tahun.

Uniknya, Teguh juga memperbolehkan para reseller untuk menggunakan mereknya sendiri di dalam produk yang sudah jadi.

Selain itu dia juga memberikan potongan harga beli bagi reseller dan tak membatasi harga jual sehingga para reseller dapat menentukan persentase keuntungan yang diinginkan.

Jika biasanya dia membanderol produknya Rp 50.000-Rp100.000 untuk tiap jenis lampion karakter, harga bagi para reseller bisa lebih murah.

Peluang Reseller Lampion Benang Foto dan Karakter

Lewat sistem reseller, dia mengaku pesanan lampionnya terus mengalir tanpa peduli musim. Rata-rata dalam sehari dia menjual 5 unit pesanan. “Alhamdullilah setiap hari pasti ada pembeli baru,” ujarnya.

Selain memasarkan lewat reseller, Teguh juga menjual sendiri produknya dengan sistem konsinyasi di toko-toko boneka di sekitar tempat tinggalnya. Sementara dari online dia menerima pesanan dari blognya lampionlucu.blogspot.com, maupun dari akun Facebook Jual Lampion Lucu, serta akun Twitter Lampion_Santos.

Spesialisasi lampion yang diproduksi Teguh adalah yang menggunakan bahan benang. Di tangan Teguh, benang jahit dapat disulap menjadi lampion dengan aneka karakter, lampion Jepang, lampion profesi, lampion nama, hingga lampion couple. Yang teranyar dan langsung booming saat ini adalah lampion lucu yang bisa disisipi foto. []

Peluang Reseller Lampion Benang Foto dan Karakter

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper