Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Belajar Merajut? Coba Kursus Merajut Online Korespondensi

Kesibukan seringkali menjadi penghalang seseorang untuk mengikuti kursus keterampilan seperti merajut, yang mewajibkan pesertanya datang atau bertatap muka langsung dengan pelatihnya.
Merajut/guardian
Merajut/guardian

Bisnis.com, JAKARTA - Kesibukan seringkali menjadi penghalang seseorang untuk mengikuti kursus keterampilan seperti merajut, yang mewajibkan pesertanya datang atau bertatap muka langsung dengan pelatihnya.

Tetapi saat ini belajar merajut tidak perlu lagi terkendala masalah waktu dan tempat, karena sudah ada kursus merajut online yang dapat diikuti oleh siapa saja dan dari belahan dunia mana pun.

Salah satu kursus merajut online berbahasa Indonesia yang bisa diikuti adalah amimonozone.com, kursus merajut online yang digagas oleh Lenny Adziman tersebut telah berumur delapan tahun pada 2015.

Lenny yang saat ini berdomisili di Inggris itu memulai kursusnya pada 16 April 2007 di Tokyo, Jepang, dan hingga saat ini sudah lebih dari 300 peserta yang ikut belajar hingga berani menerima pesanan pembuatan produk-produk rajut.

Kursus merajut yang dikelola Lenny tersebut dirancang seperti kursus privat dengan metode korespondensi atau tanya jawab personal melalui email dan media sosial.

Setiap peserta kursus akan diajarkan satu pola hingga selesai. Setiap pola akan dibahas langkah demi langkah hingga member bisa mencobanya. Selain itu, juga akan dilengkapi dengan video online teknik-teknik dasar yang akan dibagikan khusus bagi member.

Ada empat jenis kelas yang dibuka oleh Amimono Zone, yakni merajut atau knitting, merenda atau crocheting, tunisian crochet dan yubiami, serta ada kelas pola pilihan bagi member yang menginginkan proyek merajut khusus.

Knitting merupakan proses merajut menggunakan satu set jarum yang ujungnya runcing. Satu set jarum bisa berisi dua, empat atau lima jarum dengan ukutan sama. Semua peserta kursus diajari bertahap menggunakan jarum satu ujung runcing, dua ujung runcing dan jarum melingkar.

Pada kelas merajut dibagi menjadi tiga tingkat, yakni tingkat dasar dengan proyek membuat dompet kosmetik atau bandana; tingkat lanjutan dengan proyek topi bayi, syal, kupluk dan tas; tingkat mahir dengan proyek di antaranya rompi, cardigan, sweater, dan bolero.

Sementara itu, crocheting adalah merenda menggunakan satu jarum kait yang dikenal dengan hook atau hakpen. Pada tingkat dasar kelas crochet, peserta kursus akan diajari tusukan dasar dengan proyek bandana, tempat tisu dan bros.

Untuk kelas crochet tingkat lanjutan, peserta akan diajari proyek pembuatan topi bayi, tas mungil atau sarung bantal kursi, sedangkan untuk kelas crochet mahir disertakan proyek cardigan bayi, dress bayi perempuan, atau topi dewasa.

Untuk kelas Tunisian crochet atau merenda ala Tunisa, peserta akan diajarkan teknik gabungan antara merajut dan merenda, jarum yang digunakan lebih panjang dari jarum merenda biasa.

Pada kelas ini tidak ada tingkatan khusus, peserta akkan diajari tusukan dasar tunisian crochet, dan bisa memilih pola untuk proyek berupa syal tunisia atau tempat handphone.

Kelas terakhir adalah yubiami, atau teknik merajut menggunakan jari-jari tangan tanpa alat. Dalam Bahasa Jepang, yubi berarti jari dan ami atau amu berarti merajut. Para siswa akan belajar membuat syal, serta memilih proyek pembuatan topi, dompet atau kepik.

Biaya yang perlu dikeluarkan oleh para peserta kursus online Amimono Zone bisa dibilang sangat murah, hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp100.000 untuk masing-masing kelas tingkat dasar maupun lanjutan, dan Rp150.000 untuk kelas tingkat mahir dan pola pilihan.

Bagi yang tertarik untuk mengikuti kursus merajut secara online ini, calon peserta kursus bisa mendaftar dengan mengisi formulir yang disediakan di website amimonozone.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper