Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Juragan Kurma Tawarkan Kesempatan Jadi Reseller

Pada masa Ramadan, banya pelaku usaha yang panen karena melonjaknya permintaan, salah satunya jual beli kurma. Makanan yang satu ini sangat digemari karena bisa dimakan begitu saja maupun diolah menjadi aneka kudapan.
Kurma. /ANTARA
Kurma. /ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA -- Pada masa Ramadan, banya pelaku usaha yang panen karena melonjaknya permintaan, salah satunya jual beli kurma. Makanan yang satu ini sangat digemari karena bisa dimakan begitu saja maupun diolah menjadi aneka kudapan.

Jika Anda ingin memulai bisnis, cara sederhana yang tidak terlalu butuh modal besar adalah dengan menjadi reseller kurma. Kini semakin banyak distributor kurma yang menawarkan kesempatan untuk membeli kurma dengan potongan harga untuk jumlah pembelian tertentu, seperti yang dilakukan Juragan Korma Company, sebuah UKM yang bergerak di bidang ritel dan packaging kurma di bawah bendera KurmaQu.

Selain melayani pembelian dalam jumlah kecil, distributor yang berbasis di Depok, Jawa Barat ini juga melayani pembelian dalam partai besar untuk dijadikan makanan olahan ataupun untuk dijual kembali. Pembelian dalam jumlah besar tentunya diiming-imingi diskon.

“Jika ingin menjadi reseller atau mendapatkan diskon, caranya sangat simple, cukup dengan membeli sesuai syarat kami yakni minimal lima atau 10 pieces saja,” kata Jhane Wilis, CEO Juragan Korma Company.

Dalam daftar harga reseller, Juragan Korma Company menyiapkan paket-paket kemasan beserta jumlah pembelian minimal. Masing-masing kemasannya berbeda-beda, mulai dari kemasan 7 butir, 250 gram, 450 gram, 1 kilogram, hingga kemasan 1 dos (per 10 kilogram).

Sebagai  contoh, ada produk kurma Lulu Medium ukuran 250 gram dibanderol dengan harga Rp30.000. Pembeli akan mendapat potongan harga 20% jika membeli minimal 10 unit.

Contoh lainnya Kurma Golden Valley kemasan 1 dos (per 10 kilogram) dijual dengan harga Rp325.000. Untuk pembelian minimal 5 dos akan mendapat diskon 5%.

Proses pembelian juga terbilang mudah. Para calon pembeli dapat menghubungi distributor lewat fanpagenya di Facebook Juragan Korma Company. Selain itu perusahaan juga mendekatkan diri dengan konsumennya via Instant Messaging.

Karena menawarkan proses mudah dan tanpa modal besar, Jhane berujar reseller yang dibidiknya kebanyakan dari kalangan mahasiswa. Dengan modal sekitar Rp250.000 seseorang sudah bisa menjadi reseller atau membeli dengan harga miring.

Potensi keuntungan seorang reseller, selain mendapatkan diskon 5%-20%, juga dapat mengambil keuntungan dari selisih harga jual dengan harga beli. Juragan Korma tidak membatasi harga jual kembali produk kurmanya.

Perempuan 21 tahun ini berujar Juragan Korma Company telah berdiri sejak tahun 2011 lalu dan telah melayani pembelian ke berberbagai daerah seperti Kalimantan, Batam, Jawa Tengah, Jawa Timur.

Kendati demikian, penjualannya kali ini lebih difokuskan di pasar Jabodetabek. Dia beralasan permintaan dari wilayah Depok sendiri terbilang cukup besar. Pihaknya mempunyai rekanan berupa toko-toko di kawasan Depok dengan sistem kerja sama konsinyasi.  

“Di minggu-minggu awal Ramadan ini kami sudah melayani banyak permintaan dropship dari para reseller. Selain itu klien kami juga sudah mulai storing barang,” tuturnya.

Juragan Korma memasok barang dari importir tangan pertama yang berada di wilayah Jakarta. Produknya didatangkan langsung dari Madina, Arab Saudi, Iran, dan lainnya.

Penjualannya pun berlangsung sepanjang tahun. Meski demikian, dia mengakui penjualan para masa Ramadan adalah masa-masa panen karena banyak kalangan yang mengincar kurma.

“Omzet penjualan  kami pada masa Ramadan bisa 20 kali lipat. Tahun lalu saja, dalam dua bulan yakni bulan Ramadan dan sebulan sesudahnya omzet kami berkisar Rp70,8 juta,” ujar mahasiswi Sosiologi Universitas Indonesia itu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper