Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak Tawaran Franchise Bebek Pak Joss

Jika Anda berminat untuk terjun dalam bisnis kuliner bebek tetapi enggan untuk repot-repot memulai dari awal dan membangun resep, tak ada salahnya memilih konsep franchise atau waralaba yang ditawarkan pemilik merek restoran bebek yang sudah lebih sukses.
ilustrasi Bebek goreng/kulinerinfo.com
ilustrasi Bebek goreng/kulinerinfo.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Jika Anda berminat untuk terjun dalam bisnis kuliner bebek tetapi enggan untuk repot-repot memulai dari awal dan membangun resep, tak ada salahnya memilih konsep franchise atau waralaba yang ditawarkan pemilik merek restoran bebek yang sudah lebih sukses.

Salah satu pelaku usaha yang menawarkan franchise adalah Bebek Pak Joss. Rumah makan yang berdiri di Surabaya dan Bandung ini dikenal dengan kuliner khasnya, bebek telur asin.

Bebek Pak Joss adalah rumah makan dengan menu utama bebek yang cukup populer di kawasan Surabaya, Jawa Timur. Pendirinya Sigit Hendrawan mulai merintis usaha kuliner tersebut sejak 2011 lalu.

Berawal dari usaha gerobakan, pria usia 40 tahun ini awalnya berkeliling perumahan sambil mendorong gerobak dagangannya. Menu utamanya ketika itu adalah bebek telor asin yakni bebek yang digoreng lalu disiram saos telur asin.

Selang beberapa bulan, Hendy-begitu dia disapa-mencari cara pemasaran yang lebih jitu yakni lewat media online. Saat itu sosial media Twitter sedang booming dan mulai dimanfaatkan Hendy untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas tanpa harus membuka cabang lebih dulu.

Cara tersebut lumayan berhasil. Dalam tempo sebentar saja bebek telor asin yang merukapan signature Bebek Pak Joss  langsung diminati pelanggan. Dia mengirimkan bebeknya lewat pesawat ke berbagai kota seperti Medan, Batam, Makassar, Bali Lombok.

“Kalau tidak salah waktu itu saya ngirimnya sampai ke 35 kota, pesanan mengalir secara online. Saya kerja sama dengan jasa ekspedisi untuk mengirimkan barangnya agar bisa sehari tiba di tangan pelanggan,” kata dia kepada Bisnis.

Melihat minat yang tinggi terhadap bebek telor asinnya, Hendy lantas berhenti berkeliling dan mulai mendirikan gerai. Dia membuat konsep warung makan di Surabaya.

Pada saat yang sama, permintaan dari pelanggan di luar kota semakin banyak. “Tahun kedua, saya nekat buka cabang sendiri di Bandung,” katanya.

Hingga saat ini, sudah ada empat cabang Bebek Pak Joss, yakni dua miliknya sendiri yakni di Surabaya dan dua lagi milik mitra, juga di kota Bandung dan Surabaya.

Sebelumnya ada juga dua gerai lain milik mitra di Lombok dan Depok, namun kerja sama terpaksa kandas lantaran ada SOP yang dilanggar mitra.

“Bisnis kuliner ini enggak gampang, tidak hanya butuh modal uang tetapi passion dan kegigihan mitra, karena bisnisnya bukan instan atau bisa tiba-tiba berkembang sendiri. Misi kami adalah orang yang merasakan Bebek Pak Joss di cabang mana pun, rasanya tetap harus sama,” ucapnya.

Melihat persaingan di bidang kuliner bebek sangat tinggi, Hendy tak pernah bosan berinovasi. Dia rajin mencari resep masakan bebek baru yang dapat membedakan rumah makannya dengan yang lain.

Saat ini, jumlah variasi menu di rumah makan Bebek Pak Joss sudah mencapai 30-an menu, termasuk hidangan dari bahan cumi, udang, ayam, maupun lele. Menu yang paling baru, yakni bebek masak oven yang dilumuri keju mozzarella.

Dengan kreasi tersebut, dia optimistis, Bebek Pak Joss akan mampu memberikan sajian terbaik yang memuaskan pecinta kuliner bebek. Dari segi pelaku usaha, menurutnya bisnis Bebek Pak Joss juga mampu memberikan keuntungan yang lumayan.

Hendy menawarkan paket kemitraan bagi pelaku usaha yang ingin menjajal bisnis kuliner bebek dengan investasi Rp296 juta. Sistem keuntungan yang diberikan yakni lewta sistem bagi hasil dengan keuntungan 70% bagi mitra dan 30% bagi pemegang merek.

“Yang saya incar adalah mitra di daerah Jabodetabek, karena saya ingin masuk ke pasar Jakarta lagi. Untuk sistem operasionalnya fleksible, saat awal running saya pasti akan memberikan support, tetapi setelah satu tahun akan dikelola secara penuh oleh mitra,” tuturnya.

Nilai investasi tersebut belum termasuk biaya pengiriman paket usaha, sewa tempat dan pekerja, tetapi sudah meliputi biaya renovasi interior, furniture untuk target 80 seat, peralatan memasak, peralatan penyajian.

“Selain itu ada juga bahan baku awal dengan nilai sekitar Rp10 juta. Jadi mitra nantinya sudah tinggal running,” tuturnya.

Dia memperkirakan mitra memerlukan modal total sekitar Rp550 juta, termasuk dana cadangan usaha untuk masa sekitar satu hingga tiga bulan awal.

Pelaku usaha yang berminat menjadi mitra dia wajibkan untuk mencicipi lebih dulu kuliner bebeknya sebelum memutuskan bergabung. Setelah itu, calon mitra akan diminta untuk mengisi formulir, menyediakan tempat dengan luas sekitar 200 m2.

Lokasi yang disarankan yakni dekat dengan daerah kampus karena pasar Bebek Pak Joss mayoritas adalah kalangan muda. Kemudian lokasi tersebut juga sebaiknya di pinggir jalan dengan konsep rumah bukan ruko agar lebih homey.

Setelah calon mitra membayar commitment fee sebesar 10%, tim Hendy akan melakukan survey lokasi.  Jika dinilai layak, tinggal melakukan rekrutmen pegawai dan penyiapan perlengkapan yang diperkirakan akan  memakan waktu sekitar  sebulan.

“Pelunasan investasi maksimal seminggu sebelum opening,” jelasnya.

Dari pengalaman Bebek Pak Joss, rata-rata rumah makannya dikunjungi sekitar 180-250 orang pengunjung pada hari biasa dan sekitar 300 orang saat akhir pekan. Penjualan dari satu rumah makan berkisar Rp8 juta per hari dan melonjak menjadi Rp12 juta pada akhir pekan.

“Dari perhitungan kami, pada bulan keenam atau ketujuh beroperasi, insyaallah mitra sudah bisa BEP,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper