Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Membidik Peluang Usaha Reseller Perlengkapan Porselen

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba meraih keuntungan dari bisnis penjualan perlengkapan porselen secara online, sekarang tidak perlu repot mencari pemasok barang satu per satu.
Ilustrasi porselen/
Ilustrasi porselen/

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba meraih keuntungan dari bisnis penjualan perlengkapan porselen secara online, sekarang tidak perlu repot mencari pemasok barang satu per satu.

Pasalnya,sudah ada beberapa toko online yang juga menawarkan peluang kerja sama dengan konsep reseller dan dropship, sehingga para pelaku usaha baru bisa langsung memulai bisnisnya.

Prosedur pendaftaran menjadi reseller juga relatif lebih mudah, biasanya cukup membeli minimal beberapa produk awal, setelah itu sudah resmi menjadi reseller dan akan mendapatkan potongan harga khusus.

Salah satu pelaku usaha yang menawarkan peluang reseller ini adalah Rineka Wahidarestu yang memiliki online shop dengan nama Quin Shabby. Perempuan yang memilai bisnisnya sejak September 2014 itu sudah memilki delapan reseller aktif.

Menurutnya, dia tidak menetapkan syarat khusus bagi siapa saja yang ingin menjadi reseller yang mengambil barang darinya dan untuk dijual lagi. Adapun sistem yang digunakan adalah dropship, di mana barang pesanan akan langsung dikirim kepada alamat konsumen yang memesan via reseller.

“Sekarang mayoritas reseller masih dari Jakarta, tapi ada juga dari daerah lain,” katanya.

Calon reseller cukup meminta izin padanya, sehingga bisa menggunakan foto-foto yang dibagikan melalui akun Instagram @quinshabby, sebagai bahan promosi produk.

“Setidaknya kami harus tahun akun media sosial yang mereka gunakan, sehingga bisa memantau juga perkembangan bisnisnya,” paparnya.

Reseller yang sudah mendapatkan izin, akan mendapatkan potongan harga langsung sebesar 10%, selain itu mereka juga berhak menjual barang dengan harga yang tidak ditentukan, sehingga bisa mengambil margin keuntungan yang lebih tinggi asalkan harganya tetap kompetitif.

Adapun, barang-barang yang disediakan Quin Shabby di antaranya cangkir teh mulai dari Rp50.000-Rp200.000, hingga dinner set dengan harga Rp1,7 juta.

Sebagai salah satu pelayanan bagi reseller dan konsumen, Quin Shabby memberikan garansi dengan penggantian barang baru, jika barang yang dipesan pecah baik itu karena kesalahan pengemasan atau kesalahan ekspedisi saat pengiriman.

Selain memasok kepada reseller, Rineka juga aktif menjual barangnya secara ritel, dia bisa menjual hingga 15 set dalam sehari, dengan rata-rata penjualan Rp275.000-Rp600.000 per set.

Dia pun memberikan pelayanan yang maksimal dengan mengemas produknya dengan rapi, sehingga ketika diterima konsumen akan mendapatkan barangnya dengan kemasan cantik. Bahkan pada beberapa momen khusus, Rineka pun menyelipkan kartu ucapan.

“Sekarang banyak sekali yang jual barang porselen secara online, dan kemungkinan produknya sama, jadi faktor harga dan pelayanan jadi kunci utama agar tetap bisa bersaing,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper