Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Belajar Bisnis Properti pada Komunitas Beli Rumah Tanpa KPR

Salah satu kunci sukses dalam berbisnis properti adalah adanya dukungan dari rekan terpercaya yang memiliki misi yang sama. Partner yang cocok tersebut bisa ditemukan melalui komunitas.
Proyek perumahan/Ilustrasi-Bisnis.com
Proyek perumahan/Ilustrasi-Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu kunci sukses dalam berbisnis properti adalah adanya dukungan dari rekan terpercaya yang memiliki misi yang sama. Partner yang cocok tersebut bisa ditemukan melalui komunitas.

Beberapa komunitas yang bergerak di bisnis properti banyak ditemukan secara online, tinggal bagaimana memilah dan memilih komunitas yang cocok dengan rencana dan target bisnis.

Komunitas properti yang cukup aktif di dunia maya dalam beberapa tahun terakhir adalah Komunitas Beli Rumah Tanpa KPR.

Komunitas yang diinisiasi oleh Siti Solekah Sariningsih itu, hingga saat ini sudah memiliki 200 anggota aktif yang tersebar di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Aceh dan Palembang.

Secara rutin komunitas ini mengadakan pelatihan kelas bisnis properti secara online, dengan dua bagian materi yakni bisnis properti dasar dan bisnis properti lanjutan.

Dalam materi bisnis properti dasar, setiap anggota komunitas akan mendapatkan pelatihan mengenai legalitas dokumen, sumber dana, strategi berburu lahan, analisis properti dan trik menjual properti.

Sementara itu, kelas materi bisnis lanjutan adalah arahan bagaimana menjadi seorang pengembang perumahan, dengan teknik akuisisi lahan, serta optimalisasi agen properti mandiri.

"Setiap anggota komunitas penting mendapatkan ilmu dan informasi dasar dari para ahli di bisnis ini, sebelum benar-benar terjun ke bisnis properti, sehingga mereka tidak salah langkah," katanya.

Selain pelatihan secara online, komunitas ini juga memiliki program pendukung lainnya, seperti sharing bisnis atau wadah promosi bagi pemilik bisnis nonproperti, patungan bisnis dan pengembangan agen properti bersama.

"Dengan dukungan komunitas seperti ini, rencana untuk menjalankan bisnis lebih mudah terealisasi karena sudah bertemu dengan orang-orang yang memiliki visi dan misi yang sama," imbuhnya.

Untuk tergabung dalam komunitas ini caranya cukup mudah, calon anggota cukup mendaftar kepada para agen komunitas yang aktif di media sosial Facebook. Selain itu, semua informasi dan aktivitas dari komunitas ini bisa dipantau melalui tagar #belirumahtanpaKPR.

"Biaya pendaftaran hanya Rp100.000 dan dibayar sekali, setelah itu anggota komunitas bisa dengan bebas mengikuti program yang diselenggarakan," imbuhnya.

Belum lama ini, Komunitas Beli Rumah Tanpa KPR juga mengadakan pelatihan bisnis properti modal minim secara offline di kawasan Bintaro, Tangerang.

"Misi dari komunitas ini sebenarnya adalah untuk mengedukasi masyarakat, bahwa semua orang memiliki hak untuk mempunyai rumah idamannya tanpa harus terkendala dengan biaya yang besar," katanya.

Menurutnya, masyarakat harus bisa menggunakan cara-cara cerdas dan kreatif untuk mendapatkan rumah, misalnya dengan mengajak keluarga dan teman untuk berbisnis properti. Tetapi bisnis tersebut juga harus didasari dengan ilmu dan pengetahuan yang memadai. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper