Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Langkah Jitu Pasarkan Produk di Marketplace

Untuk memasarkan produk di dalam sebuah marketplace, setidaknya pelakj usaha mikromkecil dan menengah harus melqlui tiga tahap hingga siap menjual produknya ke konsumen
Online shopping/Merchants.polipay.co.nz
Online shopping/Merchants.polipay.co.nz

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk memasarkan produk di dalam sebuah marketplace, setidaknya pelaku usaha mikro kecil dan menengah harus melalui tiga tahap hingga siap menjual produknya ke konsumen. Tiga tahap tersebut yakni pendaftaran dan membuka toko, menambahkan katalog produk, dan menerima pesanan dari konsumen.

Pendaftaran

Tahap pertama, pelaku usaha yang ingin menjual produknya di marketplace harus mendaftarkan dirinya terlebih dulu sebagai penjual. Caranya, memilih opsi pendaftaran yang telah disediakan oleh masing-masing market place. Untuk mendaftar, kepemilikan e-mail diwajibkan. Karena semua proses konfirmasi dan verifikasi dikirimkan melalui e-mail.

CEO Mataharimall.com, Hadi Wenas mencontohkan proses pendaftaran menjadi penjual di mataharimall.com dilakukan melalui pengisian formulir online. Pada formulir tersebut, penjual harus melengkapi informasi-informasi berkaitan dengan jenis usaha dan produk yang dijual.

“Calon penjual juga harus menyiapkan data pribadi seperti KTP, NPWP, dan halaman depan buku rekening untuk melengkapi persyaratan pendaftaran,” paparnya.

Katalog Produk

Setelah proses pendaftaran selesai, dan kepemilikan akun penjual di marketplace telah diverifikasi, selanjutnya penjual mulai menambahkan katalog produk apa saja yang akan dijual. Proses pembuatan katalog produk ini harus dilengkapi dengan foto produk dan informasi lengkap mengenai produk.

Kamila Rahandini Business and Merchant Development PT Tokopedia juga menambahkan penjual sebaiknya menambahkan keterangan tentang kategori produk dan berat produk, sehingga konsumen bisa memperkirakan berapa ongkos kirim yang harus dikeluarkan.

“Kami membebaskan pengguna menjual barang apapun, sepanjang produknya legal,” imbuhnya.

Menerima Pesanan

Tahap terakhir, setelah katalog produk dipublikasikan, penjual tinggal menunggu datangnya pesanan dari konsumen. Selain itu, penjual juga bisa mempromosikan lapak jualannya dengan membagikan tautan ke toko online mereka.

Biasanya, sistem di marketplace akan memberikan notifikasi jika ada konsumen yang memesan produk. Sehingga penjual bisa langsung merespons pesanan tersebut dan mulai mempersiapkan barang yang akan dibeli.

Untuk proses pembayaran, biasanya konsumen akan mentransfer sejumlah uang sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan melalui rekening perusahaan marketplace. Fungsinya agar transaksi lebih aman dan tidak akan disalahgunakan oleh penjual yang nakal.

Karena proses verifikasi pembayaran dilakukan secara otomatis, jika penjual telah mendapatkan keterangan produk sudah dibayar oleh konsumen, maka barang yang dipesan bisa dikemas dengan rapi dan segera dikirim ke alamat pemesan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper