Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gugup Saat Berbicara di Depan umum? Ini cara Untuk Menghilangkannya

Disadari atau tidak:-)banyak dari kita yang sering bergumam saat berbicara di dpan umum
Ilustrasi/Candyboximages
Ilustrasi/Candyboximages

Bisnis.com, JAKARTA - Disadari atau tidak, banyak di antara kita yang sering bergumam saat berbicara di depan umum atau ketika presentasi bisnis. Selain mengurangi kredibilitas, hal itu juga cukup mengganggu audiens.

Penulis buku Presentasi Memukau Muhammad Noer mengatakan ada empat cara untuk mengatasi gumaman saat berbicara di depan umum tersebut tersebut.

Pertama, sadari bahwa Anda memang sering bergumam. Dengan kesadaran, maka Anda akan paham bahwa hal tersebut seharusnya tidak dilakukan.

Kedua, persiapkan presentasi dengan baik. Ketika materi presentasi telah disiapkan dengan baik, maka gumaman akan jauh berkurang, karena Anda tidak harus berpikir lagi kata apa yang akan disebutkan berikutnya.

Ketiga, berpikirlah dengan hening. Ganti gumaman dengan diam, daripada mengatakan ‘hmmm’ yang tidak  ada artinya, lakukan jeda dan hening sejenak. Ini akan menciptakan efek dramatik dan memperkuat kata-kata.

Keempat, minta bantuan teman. Pilih teman terpercaya untuk menghitung setiap kali Anda bergumam dalam sebuah presentasi. Setelah selesai, perhatikan berapa kali telah bergumam sepanjang pembicaraan. Buatlah target untuk mengurangi jumlah tersebut sampai benar-benar hilang.

Selain masalah vokal, gerak badan dan sikap tubuh yang mengiringi kata-kata saat presentasi juga sangat penting. Karena hal itu merupakan respons alami tubuh yang bisa memancarkan ketakutan, kekhawatran dan ketidakpercayaan diri.

“Langkah utama dalam menampilkan bahasa tubuh yang positif adalah dengan memiliki keyakinan dan kepercayaan diri ketika tampil,” katanya.

Adapun, kepercayaan diri itu bisa muncul jika presenter memiliki kesiapan yang prima dengan sering berlatih hingga bisa memiliki penampilan sempurna.

Berlatih menampilkan presentasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya di depan cermin, berlatih di hadapan teman-teman, merekam cara berpresentasi, serta melakukan reahearsal atau pengulangan.

“Dengan melakukan pengulangan berkali-kali bisa membuat presenter lebih rileks dan percaya diri menghadapi presentasi bisnis sesungguhnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper