Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENGEMBANGAN UMKM: Jasa Pembukuan Online

Penyusunan pembukuan dan laporan keuangan idealnya dilakukan sendiri atau karyawan yang kompeten. Akan tetapi jika ingin menghemat biaya, pelaku usaha biasanya menggunakan jasa akuntan alih daya atau oursource.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Penyusunan pembukuan dan laporan keuangan idealnya dilakukan sendiri atau karyawan yang kompeten. Akan tetapi jika ingin menghemat biaya, pelaku usaha biasanya menggunakan jasa akuntan alih daya atau oursource.

Saat ini ada banyak penyedia jasa akuntansi dan pembukuan yang bisa dipilih. Penyedia jasa pembukuan untuk perusahaan kecil kini semakin mudah dijangkau karena mereka menyediakan layanan online.

Salah satu penyedia jasa pembukuan yakni OGP Accounting yang didirikan Merintan Berliana Simbolon yang berpromosi lewat situs OGP-Accounting.co.id dan juga akun OGP Accounting di Facebook.

Berbekal pengalaman bekerja di bidang accounting di beberapa perusahaan internasional selama hampir 20 tahun, Merintan percaya diri menawarkan jasa sebagai akuntan online mulai Oktober 2014 lewat PT Ogung Ganda Persada.

Kliennya datang dari berbagai bidang usaha seperti trading, jasa, dan konstruksi, baik yang berskala kecil maupun besar. Selain perusahaan lokal, ia juga pernah menangani perusahaan asing dari China yang sedang memiliki proyek kerja di Indonesia.

Menurut Merintan, layanan yang paling banyak diminati UMKM yakni penyusunan laporan keuangan dan laporan pajak tahunan.

“Alasan pelaku usaha mencari OGP Accounting karena perusahaan mereka belum besar dan belum sanggup untuk menggaji  karyawan accounting tetap yang expert untuk membuat laporan tersebut. Jasa kami tergolong lebih murah dibandingkan jika mereka merekrut akuntan senior,” tuturnya.

Untuk tiap jenis layanan dipatok tarif yang berbeda-beda mulai dari Rp4 juta per bulan, tetapi pada dasarnya tarifnya dapat disesuaikan dengan jumlah transaksi serta kondisi dan anggaran perusahaan.

Proses kerjanya juga disesuaikan dengan kebutuhan klien. Bentuknya bisa secara online di mana klien diminta mengirim data dalam bentuk excel yang akan dimasukkan ke sistem akuntasi OGP Accounting.

Namun jika klien sudah memiliki software akuntasi sendiri, pihak OGP accounting akan mendatangi mereka secara berkala disesuaikan dengan jumlah transaksi klien.

“Idealnya semua unit usaha, besar maupun kecil, dikelola secara perorangan atau PT, perlu mencatat semua transaksi dengan membuat pembukuan yang baik. Setiap unit usaha tentu akan terus membutuhkan jasa akuntansi yang efisien untuk bertumbuh dan bertahan di tengah krisis,” kata dia.

TAWARKAN PAKET

Pelaku usaha lain yang juga menawarkan layanan serupa yakni Jasa Akuntan CEO Indonesia yang berpomosi lewat situs website butuhakuntan.com. Jasa Akuntan CEO Indonesia berdiri sejak 2014 dengan visi membantu pemilik usaha untuk membuat laporan keuangan secara online.

Meskipun dilakukan secara online, pembukuan tetap disesuaikan dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku secara umum di Indonesia, yakni berdasarkan siklus akuntansi (adanya transaksi, jurnal transaksi, buku besar, neraca saldo, neraca keuangan dan laba rugi).

“Jasa Akuntan CEO Indonesia bertindak sebagai virtual assistant accounting bagi pemilik perusahaan, di mana kami tidak secara fisik selalu hadir tetapi kami bertanggungjawab melaksanakan tugas akuntasi dan perpajakan yang didelegasikan kepada kami,” tutur Irnaldy Trinanda, pemilik Jasa Akuntan CEO Indonesia.

Layanan Jasa Akuntan CEO Indonesia terdiri dari bidang akuntasi, yang mencakup penyusunan laporan keuangan, penyusunan dan pembehanan sistem akuntasi, analisa laporan keuangan dan kursus privat dasar-dasar akuntasi. Selain itu ada juga layanan di bidang perpajakan dan bidang audit.

Tarif tiap layanan jasa berbeda-beda. Semakin komplit jenis jasa akuntansi yang diminta, harganya semakin tinggi. Misalnya paket I (pembuatan laporan keuangan terdiri dari neraca, laporan laba rugi, buku besar, dan jurnal transaksi) dengan biaya Rp700.000 per bulan transaksi.

Ada juga paket II (mencakup paket I serta pembuatan laporan SPT Pajak Badan Tahunan) dengan biaya Rp900.000. Tarif tertinggi mencapai Rp3,2 juta per bulan transaksi yakni mencakup ketiga bidang akuntasi, perpajakan dan audit.

“Kami memberikan harga khusus UKM dengan omzet di bawah Rp800 juta berupa pembuatan laporan keuangan dengan fee Rp200.000 per bulan transaksi,” katanya.  

Jasa Akuntan CEO Indonesia menggunakan ikatan kontrak dengan lama waktu per satu bulan hingga satu tahun. Sebelum kontrak diteken, mereka terlebih dulu bertemu klien untuk menganalisa kebutuhan serta mengkaji tujuan keuangan klien. Selanjutnya, proses kerja dilakukan dengan secara online lewat transfer dokumen.

Klien Jasa Akuntan CEO Indonesia berasal dari berbagai bidang usaha seperti manufaktur, perdagangan, minyak & gas, koperasi dan UKM. Lokasinya tersebar di berbagai daerah seperti Jabodetabek, Purwokerto, Tegal, Solo, Kalimantan Timur, Makassar, Sorong, Banjarmasin, Bali dan Padang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper