Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ICO Drink Tawarkan Konsep Inovasi Minuman Kelapa

Jika berbicara tentang kelapa, rasanya tidak akan pernah habis membahas tentang manfaatnya. Kelapa memang terkenal sebagai tumbuhan dengan sejuta manfaat dari mulai dari akar, batang, buah hingga daunnya, semuanya bisa digunakan oleh manusia.
Ico Drink/Istimewa
Ico Drink/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Jika berbicara tentang kelapa, rasanya tidak akan pernah habis membahas tentang manfaatnya. Kelapa memang terkenal sebagai tumbuhan dengan sejuta manfaat, mulai dari akar, batang, buah hingga daunnya, semuanya bisa digunakan oleh manusia.

Salah satu kegunaan kelapa yang paling tersohor adalah buahnya, bahan konsumsi yang nikmat disantap, baik dimakan langsung menjadi es kelapa muda, atau diolah menjadi santan dan digunakan sebagai penyedap masakan lain.

Banyaknya manfaat hingga cita rasa yang memikat dari buah tropis tersebut, membuat peluang usaha di bidang kuliner berbahan baku kelapa juga terus berkembang. Ditambah dengan semakin bermunculannya inovasi penggunaan buah kelapa.

Salah satunya seperti  dikembangkan oleh Yesua dengan merek ICO Drink. ICO Drink adalah minuman berbahan dasar air dan daging kelapa yang dicampur dengan es, atau disebut ice blended coconut.

ICO Drink memiliki misi untuk menyajikan produk alami yang disajikan secara higienis, unik, menyenangakan, modern sekaligus sederhana, dengan rasa yang enak, sehingga bisa membuat konsumen ketagihan.

“Kami juga ingin mengubah persepsi masyarakat bahwa kelapa tidak lagi sebagai buah yang dijajakan di pinggir jalan, tetapi bisa disajikan secara unik,” katanya.

Yesua mendapatkan ide bisnis ini sejak pertengahan 2014, kemudian merintis bisnisnya diawali dengan eksperimen dan riset formula minuman yang pas. Pada akhir 2014, akhirnya dia berhasil menemukan formula yang tepat untuk produk minumannya, lalu sejak awal 2015 dia mulai mengembangkan kemasan dan mulai diproduksi pada awal Maret 2015.

Karena produk minuman ini harus disajikan secara segar, maka proses produksi ICO Drink dilakukan dengan konsep made by order. Namun, karena respons konsumen yang cukup baik, sekarang proses produksi sudah mulai rutin meskipun masih dalam skala kecil, yakni sebanyak 300 cup dalam sebulan.

Agar lebih menarik, Yesua memproduksi ICO Drink dengan berbagai macam cita rasa yang ditambah dengan sari buah alami. Beberapa varian rasa yang ditawarkan ICO di antaranya, pinacolada yakni rasa nanas, mangopico rasa mangga, oranico rasa jeruk, violico untuk rasa anggur, dan durianco untuk rasa durian.

ICO Drink dijual dengan dua harga, yakni Rp15.000 per cup untuk semua variasi rasa kecuali durianco dan baileyco yang dibanderol dengan harga Rp45.000 per cup. Pasalnya, ICO Drink varian durianco menggunakan campuran durian asli, dan baileyco dengan tambahan baileys.

Karena bisa dibilang masih baru dalam bisnis ini, Yesua mengerahkan semua kemampuannya untuk memperkenalkan ICO Drink kepada publik, serta mengedukasi terkait manfaat kelapa bagi kesehatan tubuh.

“Kalau ngopi dan ngeteh sudah biasa, sekarang zamannya ngelapa,” paparnya sambil menyebutkan kalimat yang menjadi jargon produknya itu.

Agar masyarakat bisa menerima produk buatannya tersebut, Yesua getol mempromosikan ICO Drink melalui berbagai akun media sosial, selain itu juga selalu berusaha untuk menyajikan produknya dengan kemasan yang unik dan modern.

“Kami juga terus menjaga kualitas dan terus melakukan inovasi dengan menciptakan varian rasa baru serta pengembangan produk dalam bentuk lain,” paparnya.

Kendala

Meskipun demikian dirinya masih menemukan kendala dalam menjalankan bisnis ini, terutama dalam urusan produk gagal yang dikarenakan kesalahan manusia, ataupun kemasan yang tidak layak pakai.

Untuk menyiasati hal tersebut, Yesua mengandalkan komunikas dan kerjasama yang baik antara dirinya dengan semua vendor yang membantu bisnis ini. Menurutnya, hal tersebut merupakan kunci utama untuk menyelesaikan semua masalah yang terjadi.

Adapun, dalam satu hingga dua tahun ke depan, Yesua memiliki rencana pengembangan ICO Drink dengan melakukan modifikasi terhadap kemasan, kemudian mulai untuk melakukan ekspansi ke daerah di luar Jakarta, mengingat semakin banyaknya permintaan dari luar daerah.

“ICO Drink memiliki cita-cita besar untuk bisa mengekspor produk dan ekspansi ke luar Indonesia, supaya Indonesia bisa merajai bisnis kelapa di dunia dan tak hanya sebagai produsen kelapa terbesar saja,” katanya.

Dia juga melihat prospek di bidang pengolahan kelapa potensinya masing sangat besar. Selain karena sumber daya yang melimpah, masyarakat pun sudah mulai sadar akan pentingnya konsumsi kelapa untuk kesehatan. Bahkan di beberapa negara lain, masyarakat sudah menjadikan konsumsi kelapa sebagai gaya hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper