Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nikmatnya Es Krim Dalam Batok Kelapa

Satu lagi inovasi hadir dalam bisnis kuliner berbahan kelapa, yakni tren penyajian es krim dalam kelapa. Salah satu pionir bisnis ini di kawasan Pekanbaru adalah Salhazan Nasution yang merintis bisnis dengan nama D’Coconut Ice Cream.
Es krim dalam kelapa, salah satu pionir bisnis ini di kawasan Pekanbaru./JIBI
Es krim dalam kelapa, salah satu pionir bisnis ini di kawasan Pekanbaru./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Satu lagi inovasi hadir dalam bisnis kuliner berbahan kelapa, yakni tren penyajian es krim dalam kelapa. Salah satu pionir bisnis ini di kawasan Pekanbaru adalah Salhazan Nasution yang merintis bisnis dengan nama D’Coconut Ice Cream.

Pria yang disapa Hazan tersebut memulai bisnisnya sejak awal 2015. Dia melihat selama ini belum banyak orang yang melakukan inovas terhadap kelapa sebagai bahan dasar kuliner yang bisa dinikmati semua orang.

Ide untuk memulai bisnis ini muncul ketika dirinya tinggal di Malaysia untuk mengenyam pendidikan, saat itu kelapa dengan es krim menjadi salah satu jajanan yang populer dan disukai banyak orang. Ketika kembali ke kota kelahirannya, dia melihat belum ada bisnis serupa yang berkembang kemudian dia mengambil kesempatan tersebut sebagai peluang usaha.

“Penyajian es krim dalam kelapa ini sebenarnya sudah cukup populer di berbagai negara di Asia Tenggara, tetapi ternyata belum banyak berkembang di Indonesia,” katanya.

Pria yang saat ini juga berprofesi sebagai dosen tersebut pun mulai mengadaptasi konsep es krim di dalam kelapa itu dengan memodifikasinya dengan berbagai macam variasi rasa es krim, topping, dan yang terpenting adalah pilihan kelapa muda yang nikmat.

“Kalau di Malaysia, es krim yang dipakai itu rasa kelapa, dan kelapa yang digunakan cenderung tua jadi tidak bisa dimakan,” katanya.

Saat ini, D’Coconut Ice Cream menyediakan enam varian rasa es krim yang bisa dipilih, yakni cokelat, stroberi, vanila, durian, kacang merah dan teh hijau, sedangkan untuk topping tersedia  22 macam, di mana yang menjadi favorit adalah almond, longan, oreo, kitkat dan marshmallow.

Satu porsi D’Coconut Ice Cream dibanderol dengan harga Rp17.000, dengan harga tersebut konsumen sudah bisa mendapatkan kelapa muda dengan isi es krim di tambah lima topping pilihan. Jika ingin menambah topping lainnya, konsumen cukup menambah sebesar Rp2.000-Rp4.000.

Hazan mengatakan respons yang diterimanya dari masyarakat memang luar biasa, terutama karena pemilihan lokasi kedainya juga cukup strategi. Kedai yang berlokasi di daerah Sukajadi, Pekanbaru itu memang berada di dekat sekolah, kampus dan area perkantoran.

Setiap harinya, kedai kelapa yang dikelolanya bersama istri beroperasi dari pukul 12.00-18.00 WIB. Dalam sehari rata-rata bisa menjual hingga 100 porsi kelapa, sedangkan pada peak season tak jarang bisa mencapai 400 porsi. “Omzet penjualannya bisa mencapai Rp50 juta dalam sebulan,” akunya.

Namun, selama bencana kabut asap terjadi di beberapa kawasan Sumatra, termasuk di Pekanbaru dalam beberapa bulan terakhir, membuat jumlah kunjungan konsumen ke kedainya mengalami penurunan. Pasalnya, masyarakat lebih memilih untuk diam di rumah dan enggan kemana-mana.

“Dampak kabut asap sangat terasa, tak hanya bagi usaha kami tetapi juga usaha-usaha yang lain. Saat ini sekolah dan kampus sering diliburkan,” katanya.

Meskipun demikian, Hazan tetap optimistis bisnisnya akan tetap berkembang di masa depan. Dalam waktu dekat dia berencana untuk membuka cabang kedainya di kawasan Pekanbaru  dan tidak menutup kemungkinan di luar daerah.

“Beberapa bulan lalu sudah banyak yang mengajak bekerja sama, tetapi belum saya iyakan karena kami harus membenahi seluruh manajemen internal sampai nanti siap untuk berekspansi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper