Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hand Lettering1/youtube
Hand Lettering1/youtube

Media yang bisa dipakai pun sangat luas tidak hanya terpaku pada kertas saja, tapi juga bisa untuk kayu, besi, sangat bergantung pada kebutuhan. Alat menulisnya pun bermacam-macam, ada pena dengan ujung lebar, tajam, ataupun tumpul.

Bisa juga menggunakan spidol dengan ujung kuas atau kuas lukis. Tiap alat yang digunakan tentunya akan memberikan hasil tulisan yang berbeda-beda.

Ambil contoh, bila memakai kuas lukis hasil cocok digunakan untuk tulisan jenis Script atau tulisan sambung. Sementara, untuk pena dengan ujung lebar untuk jenis tulisan Roman, Italic, dan Blackletter. Sedangkan pena berujung tajam diperuntukkan untuk jenis tulisan Copperplate atau Spencerian.

Seni ini pun menjadi menarik perhatian kalangan anak muda sejak 2014 dan bermunculan banyak wadah komunitasnya. Salah satunya adalah Kaligrafina yang dapat ditemukan di Instagram @kaligrafina.

Fitri, salah satu pendiri Kaligrafina, menceritakan pada 2014 seni hand lettering, yang termasuk di dalamnya kaligrafi dan lettering sedang menanjak popularitasnya. Mulai pada tahun itu juga, kaligrafi dan lettering, semakin sering dimasukkan dalam salah satu aspek untuk desain undangan pernikahan, dekorasi restoran, logo, desain baju dan hiasan lainnya dalam acara formal.

Berawal dari hobi, kegiatan ini bisa dijadikan sebagai bisnis yang beromzet jutaan bila ditekuni secara serius. Hendry, salah satu seniman dengan mengungkapkan, dengan semenjak dua tahun full time menekuni bisnis ini, omzet yang ia dapat mencapai Rp60 juta hingga Rp70 juta.

Dirinya juga seringkali mendapat proyek besar untuk mendesain interior baik untuk kafe atau barber shop. Tingkat kesulitannya pun akan menjadi beragam karena akan sangat bergantung pada kecepatan penggarapannya hingga selesai, bisa jadi butuh berhari-hari. Tapi, pundi-pundi yang dihasilkan bisa mencapai Rp8 juta.

"Biasanya untuk proyek besar, saya tidak lakukan sendiri, tapi juga dibantu rekan seniman," terang pemilik akun Instagram @HendryJuanda tersebut.

Sementara itu, untuk proyek lainnya yang tidak dianggap memakan waktu lama, akan sangat bergantung dari media yang dikerjakan. Bisa dilihat dari segi desain dari digital atau manual harga yang ia patok mulai dari Rp500.000.

Seniman lainnya, Tara lewat akun Instagramnya @tarawrites, dirinya mendapat kesempatan tawaran untuk mengisi konten untuk akun Instagram dari salah satu merek fesyen terkenal untuk wanita.

Kendati, dia mengaku belum 100% terjun di bisnis ini namun ini cukup membuat dirinya makin percaya diri untuk menggarap proyek lainnya. Untuk dapat dihitung untuk melengkapi portofolionya. Untuk setiap pesanan artwork berukuran A3 dirinya menghargai Rp250.000 termasuk frame.

Fitri menambahkan, ke depannya peluang bisnis dari seni ini akan makin cerah karena sudah diapresiasi dengan baik. Contoh nyatanya adalah terlihat banyaknya restoran yang mendekor menu dan dindingnya dengan seni hand lettering atau mural.

Terlebih, untuk para pemilik restoran yang ingin desain yang khas, penggunaan hand lettering akan jadi sangat pas karena desain bisa disesuaikan. Sehingga, hasil yang didapat akan sangat unik.

"Begitu pula dengan bisnis untuk event pernikahan semakin banyak orang yang menggunakan kaligrafi untuk tulisan baik di undangan maupun hiasan dekorasinya."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
1. Media aplikasi
Penulis : Marsya Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper