Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berikut Tips Billy Boen Untuk Wirausaha Pemula

Pendiri komunitas Young on Top Billy Boen terus mengajak anak muda Indonesia agar tidak takut menjadi wirausaha.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Pendiri komunitas Young on Top Billy Boen terus mengajak anak muda Indonesia agar tidak takut menjadi wirausaha. Menurut pria berusia 38 tahun ini, sudah banyak anak muda tanah air yang tertarik mengembangkan usaha sendiri, ketimbang hanya bekerja di tempat orang.

“Namun, beberapa di antaranya harus menyerah sebelum berperang hanya karena takut untuk memulai,” katanya kepada Bisnis.com, Kamis (28/1/2016). Ini tiga tips jitu dari Billy Boen untuk memulai usaha bagi para pemula atau startup,

1. Bikin Usaha Sesuai Passion

Jika ingin memulai usaha, pilih jenis produk sesuai bidang keminatan atau passion. Jangan pernah memilih usaha karena peluang bisnis atau kesempatan. Intinya, jangan hanya modal ikut-ikutan karena setiap usaha pasti ada masa “ups and downs”. “Para startup yang memulai bisnis hanya karena tren dan peluang usaha, itu adalah kunci untuk gagal,” katanya. Pasalnya, pihak yang tidak memilih usaha sesuai passionya akan mudah tertekan apabila bisnisnya sedang tidak berkembang. Hal ini diakui berbeda dengan orang yang menjalankan bisnis sesuai passion.

Mereka akan lebih tangguh apabila bisnisnya sedang terpuruk. Pebisnis dengan tipe seperti ini, akan lebih giat membaca buku, ikut seminar atau diskusi demi mencari jalan keluar permasalahan. Jika bisnis dijalankan tanpa passion, dia akan gampang menyerah ketika usahanya sedang amburadul. Tipe seperti ini tak akan pernah mencari jalan keluar. “Kalau kamu punya passion di musik ya jangan jualan kuliner. Sebaliknya, jika demen kuliner gak perlu jualan alat musik yang bukan minatnya,” tegasnya.

2. Tetapkan Tujuan/Purpose/Vision

Menurut pria yang mengenyam pendidikan di Utah State University dan State University of West Georgia ini, para startup wajib menyusun tujuan mendirikan usaha. Perlu diingat, lanjut dia, basic dari membangun usaha adalah semakin banyak orang yang menggunakan produk kita maka otomatis semakin besar pula bisnis kita. Jadi, pilihlah usaha yang bermanfaat bagi orang lain. Pasalnya, barang atau jasa yang bermanfaat pasti dibutuhkan oleh orang banyak.

“Tujuan dari bisnis adalah menolong orang dan memberi solusi pada permasalahan,” ujarnya. Dia mencontohkan, apabila banyak pekerja kantoran yang susah mencari warung padang di kawasan tertentu maka bukalah usaha Warung Makan Padang di sana. Itulah contoh usaha yang memberikan solusi dari permasalahan. “Jangan jadikan bisnis itu semata-mata untuk cari untung tapi bagaimana mengakomodasi kebutuhan banyak orang,” paparnya.

3. Sikap atau Attitude “Wirausaha yang sombong, congkak, arogan dan belagu itu gak bakal sukses.

Inget, gak bakal sukses,” tegas Billy. Baginya, seorang yang sudah memutuskan terjun di dunia kewirausahaan harus benar-benar menjaga sikap. Calon konsumen sekarang sudah semakin pinter. Mereka tidak akan melarisi pebisnis yang memiliki rekam jejak sikap yang buruk Pengusaha harus memiliki mentalitas watak yang hangat, terbuka, dan terpenting mau membantu orang lain. Tertarikkah untuk jadi Wirausaha?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper