Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BISNIS HOBI: 4 Kegemaran Ini Bisa Datangkan Rupiah

Hobi jangan hanya sekedar dijadikan hobi. Siapa tahu dari hobi tersebut bisa mendatangkan rupiah yang cukup menggiurkan. n
Penyanyi Korea Selatan Psy menyanyikan hitsnya Gangnam Style/Youtube
Penyanyi Korea Selatan Psy menyanyikan hitsnya Gangnam Style/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA -- Hobi jangan hanya sekedar dijadikan hobi. Siapa tahu dari hobi tersebut bisa mendatangkan rupiah yang cukup menggiurkan.

Berikut beberapa hobi yang bisa digeluti untuk meraup pundi-pundi rupiah :

1. Merajut
Bagi sebagian orang merajut mungkin adalah pekerjaan membosankan, dihadapkan pada jarum dan benang untuk mengulang pola-pola yang sama. Lantas, setelah selesai apakah hasilnya hanya dibiarkan begitu saja? Tidak ada salahnya jika mulai melirik untuk menjual karya rajutan tersebut. Hasil rajutan yang tergolong handmade bisa dijual dengan harga yang cukup mahal.

Caecilia Wijayanti salah satunya. Perempuan 25 tahun ini berhasil mengantongi Rp700.000- Rp1 juta per bulan dengan menjual beragam hasil karya rajutannya sejak setahun yang lalu melalui instagram.

"Masih kecil-kecilan, dari hobi dibuat jadi bisnis. Lumayan buat tambahan uang saku," ujarnya.

2. Hobi Kpop
Suka dengan artis Korea seperti EXO, Super Junior dan SNSD? Jangan hanya sekedar suka lalu menghabiskan uang untuk menonton konser mereka. Mengubah hobi Kpop menjadi sesuatu yang menghasilkan uang tidak ada salahnya.

Sama seperti yang dilakukan Kartika Putri, berawal dari minatnya terhadap KPOP dia mulai berjualan online pernak-pernik KPOP. Banyak yang dijual mulai dari kaos hingga album official artis korea. Bahkan, dia pernah mengantongi omset sekitar Rp7 juta per bulan.

"Biasanya ramai kalau artis mau konser di Indonesia, pada banyak yang nyari merchandise-nya," ujar Tika.

3. Jalan-jalan
Hobi jalan-jalan bisa diteruskan menjadi travel planner atau travel consultant. Saat ini kebutuhan wisata masyarakat Indonesia cukup banyak peminatnya.

Berawal dari niat ingin mengenalkan wisata Indonesia dan juga memiliki hobi jalan-jalan, Tri Handa mulai melirik travel planner sebagai sumber rupiah lain. Mahasiswa arsitektur 22 tahun ini sudah cukup banyak melakukan perjalanan bersama rombongan yang dibawanya. Per satu kali perjalanan Handa bisa mengantongi Rp7 juta.

"Mau kenalin ke anak muda Indonesia, kalau Indonesia itu special," ujar Handa.

Tri Handa sudah bisa menyisihkan sekitar 15% keuntungannya untuk membeli beberapa alat penunjang perjalanan. Tri Handa berharap perjalanan berikutnya ke Raja Ampat bisa berjalan dengan lancar.

4. Fesyen
Siapa bilang pecinta fashion harus mengeluarkan uang banyak untuk bisa mendapatkan penampilan menawan. Justru dengan kesukaan pada bidang ini, kita diminta bisa kreatif sehingga dapat menekan budget.

Arum awalnya membuat tas hanya untuk dipakai sendiri. Namun, respons dari teman-temannya ternyata cukup bagus. Sehingga, Arum mencoba menjual tas dengan desain sendiri tersebut dikalangan teman-temannya.

Saat ini Arum sudah bisa mengantongi omset Rp10 juta perbulan dengan laba bersih Rp5 juta dengan menjual tas desainnya di media sosial sejak setahun yang lalu.

"Offline malah lakunya sedikit paling 20%. Tapi keuntungan ikut pameran itu kita jadi tambah dipercaya konsumen," tutur Arum.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper