Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indahnya Keuntungan Berbisnis Bunga: La Beauté

Meski baru memulai bisnis bunga pada November 2015, La Beaut boleh berbangga karena sudah pernah menangani order yang datang dari artis. Tidak tanggung-tanggung, chef terkenal Farah Quinn menggunakan jasa mereka untuk table decor acara ulang tahunnya pada April 2016yang turut dihadiri sejumlah duta besar negara sahabat.
, La Beaut dapat meraup margin sampai 100% dan omzet sekitar Rp20 juta saban bulan.
, La Beaut dapat meraup margin sampai 100% dan omzet sekitar Rp20 juta saban bulan.

Bisnis.com, JAKARTA - Meski baru memulai bisnis bunga pada November 2015, La Beauté boleh berbangga karena sudah pernah menangani order yang datang dari artis. Tidak tanggung-tanggung, chef terkenal Farah Quinn menggunakan jasa mereka untuk table decor acara ulang tahunnya pada April 2016—yang turut dihadiri sejumlah duta besar negara sahabat.

“Saat itu, kami awalnya diberitahu tamu undangan ada 30 orang. Ternyata, dua hari sebelum acara mereka bilang tamunya bertambah jadi 40 orang dan mesti tambah satu meja,” tutur Celine Mintura, salah satu dari duo yang berada di balik La Beauté. Satu orang lagi adalah Saskia Maharani, teman kuliah Celine.

Walaupun sempat khawatir tidak memiliki bunga yang cukup, La Beauté akhirnya mengubah sedikit dekorasi yang sudah siap dan mengakalinya hanya dengan bunga-bunga yang ada. Acara pun berlangsung sukses dan hajatan tersebut masih menjadi acara terbesar yang pernah mereka tangani untuk table decor.

Secara keseluruhan, sebenarnya permintaan untuk table decor masih jauh di bawah permintaan buket bunga—yang menjadi fokus La Beauté saat ini. Jika table decor masih bisa dihitung jari, maka order untuk buket bunga bisa datang tiap hari. Tiap bulannya rata-rata La Beauté menerima 30-40 pemesanan.

Adapun harga yang ditawarkan mulai dari Rp400.000 per buket sampai jutaan rupiah, bergantung pada permintaan konsumen. Bunga yang paling banyak dipilih antara lain mawar, tulip, lili, dan baby’s breath. Terkadang, ada juga konsumen yang meminta bunga yang termasuk jarang.

Dengan banyaknya order, La Beauté dapat meraup margin sampai 100% dan omzet sekitar Rp20 juta saban bulan. Semuanya diperoleh dengan modal nekad.

Celine dan Saskia jatuh hati pada bunga ketika membeli bunga untuk salah satu teman. Setelah mengumpulkan niat dan modal sebesar Rp1 juta-Rp2 juta, mereka pun mendirikan La Beauté sekitar sebulan sebelum keduanya lulus kuliah.

Dimulai dengan belajar sendiri dan melihat dari YouTube, Celine dan Saskia juga pernah mengikuti workshop khusus merangkai bunga. Untuk supplier, La Beauté memiliki beberapa pemasok di Jakarta agar jenis bunga yang ditawarkan ke konsumen lebih beragam.

Dalam hal strategi promosi, Celine dan Saskia menggunakan Instagram dan Line. Di luar Farah Quinn, mereka juga meng-endorse Last Day Production (LDP). LDP adalah Youtuber yang juga sering tampil menjadi bintang tamu di beberapa acara televisi. Bagi yang pernah melihat parodi perilaku pasangan kekasih di Youtube atau televisi, pasti familiar dengan wajah mereka.

“Florist di Jakarta banyak banget. Tetapi, dengan kami yang hampir selalu dapat order tiap hari, ini menunjukkan sebenarnya pasarnya besar sekali,” tukas Celine.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper