Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CIPUTRA WAY: Negara Maju karena Entrepreneurship

Dua hal utama untuk menjadi seorang entrepreneur adalah memiliki motivasi atau keinginan yang luar biasa serta memiliki wawasan yang luas.
Ir.Ciputra./Bisnis
Ir.Ciputra./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Dua hal utama untuk menjadi seorang entrepreneur adalah memiliki motivasi atau keinginan yang luar biasa serta memiliki wawasan yang luas.

Tidak ada salahnya jika siang dan malam, bahkan Anda bermimpi untuk menjadi entrepreneur.

Di usia saya yang mendekati 85 tahun ini, saya masih ingin bekerja keras. Siang dan malam saya memikirkan usaha saya, sedangkan hobi yang lain dipusatkan agar tubuh saya sehat. Pagi hari saya berenang 30 menit, sore hari saya melakukan tai chi.

Semua orang bisa jadi entrepreneur. Bangkitkan semangat Anda untuk bisa jadi entrepreneur. Bahwa Anda harus memiliki tujuan yang jelas dan mau berjuang.

Sekarang ada harapan dari pemerintah untuk memajukan UMKM di Indonesia. Bahwa negara ini butuh inovasi agar tidak ketinggalan jauh.

Tanpa entrepreneur, sebuah negara tidak akan maju. Di Amerika, penemuan di bidang IT begitu banyak. Dan jika ingin berkaca dari Korea Selatan, mereka memiliki lembaga entrepreneurship yang rutin memberikan laporan mengenai perkembangan entrepreneur di negaranya. Terbukti sebanyak 60% perdagangan di Korea Selatan berasal dari luar negeri. Dan saya ingin agar pemerintah memiliki sebuah masterplan untuk pengembangan entrepreneurship.

Penting untuk mengajarkan entrepreneurship melalui pendidikan. Namun, SDM kita masih kekurangan dosen dan praktisi yang mengerti entrepreneurship.

Indonesia butuh banyak karakter dan Anda pasti sanggup menjadi seorang entrepreneur.

 

Disarikan dari sambutan Ir. Ciputra dalam acara Start-Up Indonesia Gathering: Usulan Kebijakan Pengembangan Start-Up Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ir.Ciputra
Sumber : ayopreneur.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper