Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelajar SMK Mulai Terjuni Bisnis Online. Ini Salah Satu Faktornya

Para pelajar SMK yang selama ini kerap hanya menjadi konsumen bisnis online, lambat laut bisa diarahkan untuk terjun sebagai pebisnis muda di jalur online.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Para pelajar SMK yang selama ini kerap hanya menjadi konsumen bisnis online, lambat laut bisa diarahkan untuk terjun sebagai pebisnis muda di jalur online.

Tokopedia mengungkapkan satu dari tiga pelajar SMK sudah melakukan bisnis online. Fakta tersebut didukung oleh workshop yang secara berkala diselenggarakan untuk sejumlah SMK di Indonesia.

Community Development Lead Tokopedia Neneng Putri Sari Ramadhan mengungkapkan satu dari tiga pelajar sudah mengelola bisnis onlinenya bersama Tokopedia dan kebanyakan sudah mulai menghasilkan transaksi.

“Workshop ini adalah kali ketiga. Materi yang disampaikan semakin dalam dan komprehensif dari pertemuan ke pertemuan. Kini kami bisa melihat hasil yang sangat membanggakan mengenai pemanfaatan internet dalam berbisnis,” jelasnya saat melakukan workshop di SMK Kristen Kanaan Tangerang, Rabu (9/11/2016).

Dia menambahkan kondisi tersebut jauh berbeda jika dibandingkan dengan pertemuan pertama sekitar satu bulan lalu dimana mayoritas siswa yang awalnya hanya berbelanja, sekarang lahir menjadi pebisnis online muda.

Kepala Sekolah SMK Kristen Kanaan Tangerang Elisabeth Lassa pun mendukung kegiatan sosialisasi yang diadakan oleh Tokopedia. Jiwa kewirausahaan pelajar-pelajar SMK di Indonesia memang butuh terus-menerus dikembangkan, salah satunya caranya melalui workshop seperti ini.

“Saya berharap kerja sama dengan Tokopedia di berbagai SMK se-Indonesia bisa berlangsung dalam jangka waktu lebih panjang,” bebernya.

Selain melibatkan SMK Kristen Kanaan Tangerang, Tokopedia juga melibatkan komunitas seller-nya---biasa dikenal dengan Top Community---yang tersebar di sembilan daerah lainnya untuk melakukan sosialiasi serupa. Top Community Jakarta melakukan sosialisasi di SMKN 56, Top Community Bandung di SMK Daarut Tauhid, Top Community Cirebon di SMK Wahidin, Top Community Yogyakarta di SMKN 3, Top Community Klaten di SMK Swadaya, Top Community Malang di SMK 1 Pujon, Top Community Surabaya di SMK GIKI 1, Top Community Jember di SMKN 1 dan Top Community Medan di SMK Al-Washilliyah Pasar Senen 1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper