Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KIAT SUKSES: Tips Membuat Usaha Kecil Sukses

Membuka usaha kecil merupakan wirausaha pada skala kecil, dan kadang bisa disebut pula sebagai kegiatan usaha sampingan.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Membuka usaha kecil merupakan wirausaha pada skala kecil, dan kadang bisa disebut pula sebagai kegiatan usaha sampingan.

Tidak ada salahnya jika Anda ingin keluar dari pekerjaan tetap dan memilih fokus pada bisnis Anda. Namun jika, memungkinkan masih bisa berjalan keduanya, mungkin membutuhkan seseorang yang bisa dipercaya untuk menjalankan bisnis tersebut dengan fokus. Contohnya pasangan (suami / istri), rekan bisnis, anak.

Tidak ada usaha yang bisa sukses dan besar tanpa tekad usaha, pengorbanan dan doa. Simak sejumlah tips sukses berikut, dalam mengawali usaha skala kecil:

1.  Fokus, ulet, dan pantang menyerah

Hindari yang namanya berganti-ganti bidang usaha yang dipilih. Karena Anda akan menjadi tidak fokus terhadap usaha Anda. Setiap usaha memerlukan perencanaan yang matang, fokus serta keuletan saat menjalankan, bahkan jika perlu memperbudak diri sendiri, sebagai bentuk kerja keras karena belum mampu menggaji karyawan.

2. Memberikan pelayanan prima kepada konsumen

Konsumen yang puas dengan pelayanan yang Anda berikan akan membuat usaha Anda berkembang. Hal ini disebabkan adanya kemungkinan konsumen yang melakukan repeat order, dan menjadi konsumen setia atas kepuasan pelayanan dan kualitas produk yang dijual kepadanya.

3. Menghargai waktu

Waktu adalah uang. Dalam menjalankan usaha hendaknya mempertimbangkan efektifitas waktu disesuaikan dengan nilai ekonomis dari segala sesuatu yang dikerjakan.

4. Pengelolaan keuangan

Segala bentuk pendapatan dan pengeluaran usaha dari berbagai pos hendaknya dicatat secara tertulis, terpisah dari keuangan pribadi. Hal ini bertujuan untuk memantau keuangan usaha sehingga akan tahu jelas seberapa besar aset usaha yang dimilikinya, seberapa besar keuntungan, sehingga tahu perkembangan usaha yang didirikannya.

5. Jangan takut gagal

Orang yang memulai usaha lebih dahulu dengan produk awalnya merupakan pionir dan bisa menjadi trendsetter bagi pesaing produk yang baru muncul. Jika gagal dalam satu langkah bisnis, carilah pelajaran dan pengalaman di dalamnya. Kesuksesan yang diraih dalam menjalankan usaha skala kecil merupakan sukses yang berkelanjutan, yang diperoleh langkah demi langkah dan mungkin ada kegagalan di dalamnya.

6. Memilah peluang dan memilih usaha yang dijalankan

Menjalankan bisnis wirausaha yang berskala kecil hendaknya didasarkan pada hal yang diminati. Segala pekerjaan jika dijalankan dengan sepenuh hati akan membuahkan hasil yang maksimal. Peluang usaha juga bisa dilihat berdasarkan hal yang disukai, kemampuan, minat dan bakat, bisa berupa kegemaran, hobi, atau kondisi lingkungan sekitar tempat usaha.

7. Penguasaan dan pengembangan skill

Keahlian atau kemapuan menjadi modal utama yang harus bisa dilakukan dalam menjalankan usaha. Pengusaha skala kecil merupakan penggerak / pelaku ataupun manajer bagi usahanya sendiri.Pelaku usaha harus tahu detail usaha yang dijalankannya, baik berupa pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola bisnis usaha kecil.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mensukseskan usaha kecil yang Anda miliki. Mulai terapkan dari sekarang dan rasakan manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper