Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Resep Sukses Jadi Wirausaha

PT Astra International Tbk menggelar Kick-Off Apresiasi Aku Bisa (Asosiasi Pelaku Usaha Kecil Binaan Astra), sekaligus talk show kewirausahaan, pada Kamis (16/3). Sejumlah narasumber yang hadir berbagi pengalaman menjadi wirausaha sukses.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Astra International Tbk menggelar Kick-Off Apresiasi Aku Bisa (Asosiasi Pelaku Usaha Kecil Binaan Astra), sekaligus talk show kewirausahaan, pada Kamis (16/3). Sejumlah narasumber yang hadir berbagi pengalaman menjadi wirausaha sukses.

Tiga narasumber tersebut yakni Presiden Tangan Di Atas (TDA) Mustofa Romdloni, Penerima Apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2014 Resika Caesaria dan Sekretaris Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) Mohammad Iqbal.

Melalui keterangan resmi, Kamis (16/3), Mustofa membagikan kisah jatuh bangun usaha apa saja yang pernah dijalaninya. Dia juga berbagi resep 4 hal untuk menjadi entrepreneur sukses, yakni komitmen mengubah pola pikir, berani memulai, berposes dan bertumbuh serta naik kelas dan menjadi besar.

Resika juga membagikan kisah inspiratifnya bagaimana memulai usaha cimol (makanan ringan berbahan baku tepung tapioka) dengan prinsip wirausaha sosial, yakni wirausaha yang mengukur keuntungan sebagai sarana untuk memberikan manfaat bagi orang lain. Hal ini berbeda dengan wirausaha bisnis yang mengukur profit sebagai tolok ukur keberhasilan. Dengan prinsip wirausaha sosial, Resika saat ini memiliki 200 mitra usaha dari hanya 60 mitra.

Lebih lanjut, Iqbal menilai prinsip yang harus dilakukan dalam wirausaha, yakni mengatur pola pikir, mengingat hanya dengan pola pikir yang tepat, kemauan dan kemampuan bisa muncul dan dimaksimalkan.

"Melalui program Aku Bisa ini diharapkan dapat membantu UMKM menyelesaikan berbagai masalah-masalah, sehingga program ini sekaligus dapat meningkatkan pendapatan dan kompetensi UMKM, mempertahankan keberlanjutan usaha serta mempererat kerjasama dengan pihak eksternal untuk memperluas jaringan," tutur Head of Environment and Social Responsibility Astra International Riza Deliansyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper