Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PELUANG USAHA: Segarnya Berbisnis Minuman Kemasan

Produk makanan dan minuman Indonesia memang tidak pernah kehabisan cerita. Beragam jenis bermunculan dengan keunggulan dan keunikan masing-masing
./.
./.

Bisnis.com, JAKARTA- Produk makanan dan minuman Indonesia memang tidak pernah kehabisan cerita. Beragam jenis bermunculan dengan keunggulan dan keunikan masing-masing.

Tak heran apabila nilai ekspor produk makanan dan minuman RI menurut catatan Kementerian Perdagangan pada 2016, menembus US$5,32 miliar. Bahkan, untuk tahun ini hingga periode April 2017, nilai ekspor telah menembus US$1,75 miliar dengan Amerika Serikat sebagai pangsa pasar utama dengan kontribusi 11,88%.

Menurut catatan Bisnis, Badan Koordinasi Penanaman Modal menyebut nilai penanaman modal dalam negeri pada industri makanan dan minuman selama Januari 2017 hingga September 2017 mencapai Rp27,92 triliun atau naik 16% secara year on year.

Angka-angka tersebut seolah berbicara mengenai peluang perdagangan makanan dan minuman baik di dalam maupun luar negeri. Apalagi, berbagai bahan baku banyak tersedia di dalam negeri.

Bahan baku herbal seperti jahe dan temulawak misalnya, mudah ditemukan di beberapa wilayah Tanah Air. Namun, selama ini kebanyakan masih diolah pribadi.

Salah satu narasumber Bisnis Indonesia Weekend berhasil melihat peluang tersebut dengan menjadikannya sebagai minuman kemasan. Dengan modal yang terbilang kecil, dia berhasil menyulap kekayaan tanaman obat tersebut sebagai sumber penghasilan.

Tidak hanya produk herbal, kopi Indonesia yang sudah terkenal sejak lama ternyata masih menjadi primadona di dalam negeri. Apalagi, kini minuman tersebut telah menjadi bagian dari gaya hidup mulai dari masyarakat di pedesaan hingga kota-kota besar.

Sejarah masuknya kopi di Indonesia telah ada sejak abad ke-16. Berbagai sumber menyebut kawasan Pondok Kopi di Jakarta Timur sebagai cikal bakal tanaman tersebut di Tanah Air.

Jika menyebut biji kopi sebagai komoditas, Indonesia mungkin boleh berbangga karena telah tersohor keberbagai penjuru dunia. Hingga 2014, Indonesia masih masuk sebagai lima besar negara pengekspor kopi terbesar di dunia bersama dengan Brasil, Vietnam, Kolombia, dan Vietnam.

Namun, jika bertanya soal produk hilir kopi, bisakah kita menemukan merek-merek kopi asli Indonesia yang melenggang di pasar Internasional? mungkin sulit bagi kita untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Berikut ini kami sajikan profil para pelaku usaha yang berhasil memanfaatkan peluang bisnis minuman kemasan menjadi sumber pemenuh pundi-pundi mereka. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper