Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PELUANG BISNIS: Usaha Bunga Kertas Rambah Hingga Dua Kota

Jiwa wirausaha nampaknya memang kental berada dalam diri Ana Fitriana. Sejak kuliah di salah satu perguruan tinggi di Tangerang, dia terbiasa mengambil tawaran kerja lepas di bagian penjualan.
Bunga kertas mempercantik ruang pesta./.
Bunga kertas mempercantik ruang pesta./.

Bisnis.com, JAKARTA- Jiwa wirausaha nampaknya memang kental berada dalam diri Ana Fitriana. Sejak kuliah di salah satu perguruan tinggi di Tangerang, dia terbiasa mengambil tawaran kerja lepas di bagian penjualan.

Seakan tak cukup, di sela-sela aktivitasnya itu, dia pun melirik bisnis bunga kertas atau paperflower yang sedang populer dan mulai mendirikan toko online bernama Kembang Paper sejak Juni 2017.

Menurutnya, tren dekorasi bunga kertas membuat bisnis ini memiliki prospek yang cukup menarik di kalangan kawula muda. Selain itu, bisnis ini juga ramah bagi pemula, mudah dipelajari, dan tidak memerlukan modal besar untuk memulainya.

Terbukti sejak awal pendiriannya, pesanan pun mulai berdatangan mulai dari kalangan teman-teman kuliahnya, dan merambah hingga masyarakat luas.

“Aku buka modal Rp100.000. Belajar membuat pola melihatnya dari tutorial Instagram luar negeri sama Youtube,” ujarnya.

Untuk menarik minat konsumen yang luas, Kembang Paper menyediakan beragam paket bunga kertas dengan varian harga yang cukup terjangkau. Paket paling kecil seharga Rp150.000 untuk 13 bunga, hingga termahal Rp500.000 yang menyediakan puluhan bunga kertas untuk dinding dengan lebar hingga 2 meter.

Keuntungannya pun cukup lumayan, dia menggambarkan untuk setiap paket seharga Rp150.000, ia dapat menikmati keuntungan hingga Rp70 .000.

Pelan tapi pasti, bisnis yang dipasarkan secara online melalui media sosial Instagram dengan akun @kembangpaper ini pun mulai menunjukkan hasilnya. Ana mengatakantelah menerima rata-rata puluhan pesanan secara online.

Terlebih lagi, bisnisnya pun telah berkembang lebih jauh. Selain menjual dekorasi bunga kertas, Kembang Paper juga menyediakan jasa sewa backdrop pesta dengan beragam ukuran, mulai dari 1meterx2 meter hingga 2meterx3 meter. Harga sewanya pun berkisar Rp850.000 belum termasuk ongkos kirim, hingga jutaan rupiah. Setiap minggunya dia mengaku rata-rata menerima pesanan dua penyewaan backdrop.

“ Untuk backdrop sebenarnya desain tergantung keinginan customer, bisa disesuaikan dengan tema juga. Jadi bisa custom untuk papan tulis, sama kotak properti. Pakemnya tetap dari aku tapi tema di bagian bawahnya terserah mau apa, bisa rumpur, daun juntai, kayu, ada semuanya,” jelasnya.

Memanfaatkan relasi saudara yang tinggal di Lampung, Ana menjalankan bisnis dekorasi tersebut di dua tempat, yaitu Jakarta dan Lampung. Di Lampung, ia mengkhususkan bisnisnya lebih ke penyewaan backdrop karena jarangnya ketersediaan kertas jasmine sebagai bahan baku dekorasi paperflower di kota tersebut. Sementara di Ibu Kota, Kembang Paper melayani permintaan bunga kertas sekaligus backdrop.

Hingga saat ini, dia dibantu oleh beberapa orang untuk menjalankan Kembang Paper. Adiknya berperan sebagai admin media sosial, tetangga rumahnya ikut membantu pemotongan kertas, saudaranya di Lampung menjalankan sewa backdrop di Lampung, dan Ana sendiri berperan dalam penentuan pola bunga kertas.

“Membuat paperflower itu seperti memasak. Jadi orang maunya apa, warna apa, model apa, baru kita bikin. Dibikin mendadak [sesuai pesanan] dengan dibikin sendiri hasilnya beda,” jelasnya.

Dia mengatakan optimistis bisnis ini dapat berjalan secara berkelanjutan, dan tidak khawatir dengan tren dekorasi yang berganti. Pasalnya, bunga kertas dapat dipakai hingga beberapa kali, dan harganya pun cukup terjangkau.

Untuk pemasaran, Ana mengandalkan promo gratis ongkos pengiriman untuk meningkatkan penjualan. Dia menilai pelanggan lebih menyukai promo gratis ongkos kirim ketimbang inovasi bunga kertas. Terbukti, setiap kali dia mengadakan promo ongkos kirim, pesanan bunga kertas pun dapat meningkat hingga dua kali lipat. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper