Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rita Dharani: Konsep Baru Talenan Kayu

Pesan bisa diantarkan lewat beraneka ragam medium. Anda bisa menyampaikan lewat artikel, foto, video, bahkan lukisan. Rita Dharani ternyata melakukan hal yang berbeda. Perempuan lulusan Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada ini menyampaikan pesan-pesan lewat perabotan dapur. nn
Rita ingin terus mengeksplorasi desain dan menyampaikan pesan ke lebih banyak konsumen. /bisnis.com
Rita ingin terus mengeksplorasi desain dan menyampaikan pesan ke lebih banyak konsumen. /bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pesan bisa diantarkan lewat beraneka ragam medium. Anda bisa menyampaikan lewat artikel, foto, video, bahkan lukisan. Rita Dharani ternyata melakukan hal yang berbeda. Perempuan lulusan Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada ini menyampaikan pesan-pesan lewat perabotan dapur.

Dia memproduksi peralatan masak dari kayu yang dinamakan Mata Timur pada 2012.

Menurut Rita, pesan-pesan yang dia sampaikan kebanyakan besar mengusung tema-tema sosial. Selain membuat kutipan (quote) sendiri, tak jarang Rita mengusung perkataan orang lain.

Alasan Rita memasukkan kutipan ke perabotan dapur tak lain agar pesan bisa sampai dengan lebih efektif ke masyarakat. “Dapur merupakan area domestik. Setiap hari orang akan masuk ke dapur untuk memasak atau menyantap makanan,” kata Rita.

Proses produksi perabotan dapur Mata Timur terbilang mudah. Untuk bahan baku, dia menggunakan material kayu. Salah satu jenis kayu yang sering dipakai adalah kayu jati belanda. Palet kayu tersebut didapat langsung dari petani atau pemilik pohon.

Dia lantas membuat bermacam-macam gambar desain. Selanjutnya, kayu dipotong dengan mesin sesuai gambar yang diinginkan. Terakhir, kutipan dibentuk menggunakan teknik laser.

Karena produk ini dibuat untuk memasak, Rita tak menggunakan finishing kimia atau bahan berbahaya lainnya. “Saya gak pakai pelitur atau finishing lain. Lapisan permukaan kayu saya haluskan dengan cara diampelas. Semua produk Mata Timur aman bagi konsumen.”

Rita pun mulai memasarkan produknya di melalui media sosial. Tak disangka, produk Mata Timur mendapat sambutan positif dari konsumen. Selain karena desain yang menarik, adanya quote di permukaan kayu membuat perabotan dapur tersebut terlihat unik.

Seiring berjalannya waktu, produk varian Mata Timur pun bertambah. Jika sebelumnya dia hanya memproduksi talenan, kini Rita juga memasarkan perabotan dapur lain, misalnya baki, set gelas dan penutupnya, pengaduk madu, hingga rolling pin yang digunakan untuk adonan kue.

Harga produk Mata Timur dibanderol mulai dari Rp140.000—Rp400.000 per buah. “Jumlahnya memang belum besar, tetapi saya mengerjakan bisnis ini dengan senang.” Dari harga tersebut, dia bisa mengantongi keuntungan mulai dari 30%—40%.

Rita ingin terus mengeksplorasi desain dan menyampaikan pesan ke lebih banyak konsumen. Untuk mencapai hal tersebut, dia sering kali mengikuti pameran bertema kerajinan tangan atau seni. Namun demikian, dia masih tetap ingin memproduksi peralatan dapur. “Ini sesuai dengan konsep Mata Timur yaitu Slippin Thru Your Kitchen.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper