Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vale Indonesia Beri Bantuan Beasiswa Kuliah, Ini Syaratnya

PT Vale Indonesia Tbk. memberikan beasiswa kepada 47 mahasiswa berbagai strata yang tengah menjalani pendidikan di sejumlah perguruan tinggi negeri maupun swasta.
 Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Vale Indonesia Tbk. memberikan beasiswa kepada 47 mahasiswa berbagai strata yang tengah menjalani pendidikan di sejumlah perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Basrie Kamba, Direktur External Relations and Corporate Affairs Vale Indonesia, mengatakan bantuan biaya pendidikan tersebut disalurkan untuk para mahasiswa asal Kabupaten Luwu Timur, wilayah operasional kontrak karya  perseroan.

"Beasiswa tidak cuma kita berikan kepada mahasiswa kurang mampu, tetapi juga mahasiswa yang cukup mampu secara ekonomi tetapi dapat berprestasi secara luar biasa," katanya dalam rilis Vale Indonesia, Minggu (13/4/2014).

Menurutnya, program beasiswa tersebut merupakan bentuk penghargaan maupun komitmen perseroan memberikan kesempatan kepada putra daerah Lutim untuk memperoleh pendidikan sesuai dengan bakatnya.

Secara terperinci, perseroan memberikan beasiswa kepada 8 mahasiswa tingkat diploma, strata 1 sebanyak 30 orang, strata 1 keguruan 5 orang, program Pasca Sarjana 2 orang, Pasca Sarjana Spesialis Kedokteran 1 orang, dan Program Doktor (S3) ada 1 orang.

Basrie menjelaskan, program tersebut juga diharapkan bisa memberikan  kontribusi dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang mendukung pembangunan nasional dan daerah serta berwawasan global.

Persyaratan umum Beasiswa Komunitas ini antara lain adalah mahasiswa yang tengah menjalani tingkat pendidikan diploma, Sarjana Strata I, Sarjana Strata I Keguruan, Pascasarjana, dan Program Doktor (S3), dan diprioritaskan bagi “putra-putri daerah” di area operasional kontrak karya PT Vale.

"Keberhasilan dari program Beasiswa ini bukan terserapnya dana yang telah dialokasikan, akan tetapi tercapainya bantuan pembiayaan studi bagi mahasiswa yang berprestasi, mempunyai kemampuan akademik yang baik, tetapi lemah dari segi ekonomi," paparnya.

Adapun, besaran beasiswa yang diterima untuk level mahasiswa Strata I sebesar kurang lebih Rp 8.300.000 per semester, sedang untuk mahasiswa program Doktor sekitar Rp. 14.200.000 per semester.

Selain itu, PT Vale juga memberi bantuan biaya untuk SPP, biaya penelitian, dan tunjangan prestasi akademik dan non- akademik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper